Senin, 27 Juni 2022

Google Chrome Perbarui Logo Setelah 8 Tahun Tidak Berubah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Perubahan logo Google Chrome dari masa ke masa. Foto: Google

Google akan memperbarui logo Google Chrome untuk pertama kalinya setelah 8 tahun logo itu tidak pernah berubah.

Google juga berupaya mengoptimalkan logo Chrome di setiap sistem operasi. Demikian laporan Antara mengutip 9to5 Google, Sabtu (5/2/2022).

Perubahan logo Chrome sempat terjadi 2011 silam, kala itu logo asli pada 2008 sangat diratakan dan tidak lagi secara eksplisit mengambil tampilan tiga dimensi.

Google memodernisasi logo itu tiga tahun kemudian untuk memajukan tren itu, dan akan berlangsung hingga tahun 2022.

Perusahaan asal AS itu menghilangkan bayangan antara merah, kuning, dan hijau di lingkaran luar, sambil juga memperbaiki proporsi dan mencerahkan warna pada logo Chrome.

Dengan pemilihan warna datar, Google menambahkan gradien halus ke ikon utama untuk mengurangi getaran warna yang tidak menyenangkan di antara warna hijau dan merah.

Tujuan besar Google lainnya dengan ikon barunya itu adalah untuk mendukung penyesuaian khusus OS.

Elvin Desainer Logo Google, di Twitter menjelaskan, Google menginginkan ikon terasa tetap dikenali sebagai Chrome tetapi juga dibuat dengan baik untuk setiap sistem operasi.

“Kami sesuaikan pengalaman Chrome untuk setiap OS dengan fitur seperti Native Window Occlusion di Windows, dukungan M1 hari pertama di macOS, Widget di iOS/Android, dan Material You di Android. Kami ingin merek kami menyampaikan tingkat kepedulian yang sama,” kata Elvin dalam cuitannya.

Ikon Google Chrome baru ini mulai muncul di rencana pembaruan hari ini dan akan tersedia di semua platform dan di dalam berbagai fitur browser dalam beberapa bulan ke depan. Peluncuran yang lebih luas dikabarkan bertepatan dengan Chrome (versi) 100 pada akhir Maret 2022.(ant/iss/den)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 27 Juni 2022
25o
Kurs