Sabtu, 2 Maret 2024

Gubenur Khofifah Sebut Hewan Kurban di Jatim Sehat, Stok Cukup Bahkan Surplus

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Khofifah saat mengunjungi kandang sapi potong siap kurban yang berada di Dusun Wonokayun, Desa Wonokarang, Kec. Balongbendo Kabupaten Sidoarjo, Jumat (17/6/2022). Foto : Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubenur Jawa Timur memastikan bahwa stok hewan kurban di Jatim dalam kondisi aman dan sehat.

Ini disampaikan Khofifah usai mengunjungi kandang sapi potong siap kurban yang berada di Dusun Wonokayun, Desa Wonokarang, Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo, Jumat (17/6/2022).

Di kandang ini total ada sebanyak 80 ekor sapi potong yang dinyatakan sehat dan siap untuk dijadikan hewan kurban.

Usai berkeliling kandang, meninjau hewan kurban dan berbincang dengan peternak, Khofifah memuji kebersihan dan kelayakan kandang sapi di lokasi tersebut.

Menurutnya, kondisi di kandang tersebut sangat terjaga kebersihannya dan menandakan bahwa masih banyak kandang yang seluruh sapinya terpantau sehat dan aman untuk hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1443 H atau Juli 2022.

“Jadi di titik-titik di mana ada kekhawatiran penyakit PMK, perlu ada konfirmasi bahwa ada kandang-kandang yang semua sapinya dalam keadaan sehat dan bisa dimanfaatkan sebagai hewan kurban. Seperti yang ada di sini,” ungkap Khofifah.

Lebih lanjut Khofifah juga memastikan bahwa stok hewan ternak di Jatim dalam kondisi yang cukup dalam skala regional. Hal itu telah dibahas dan dipetakan bersama dalam rakor terintegrasi bersama forkopimda Jatim dan kabupaten kota.

“Pada saat rakor yang lalu kita sudah melakukan pemetaan detail terkait stok untuk hewan kurban. Dan kita pastikan stok hewan kurban kita cukup secara regional. Untuk memudahkan akses hewan kurban masing- masing kabupaten/ kota dapat menyiapkan titik sentra pemasaran hewan kurban dengan tanda otoritas veteriner setempat yang membuktikan ternak tersebut sehat,” tegasnya.

Misalnya ada kabupaten kota tertentu yang memang harus disuplai dari daerah lain, ia menegaskan bahwa harus ada kontrol masing- masing otoritas veteriner. (man/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Sabtu, 2 Maret 2024
31o
Kurs