Kamis, 11 Agustus 2022
Pemkab Sidoarjo

Gus Muhdlor: Betonisasi Jalan Jatikalang-Pawindo Krian Lebih Cepat dari Target

Laporan oleh Tim Redaksi
Bagikan
Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo ketika meninjau pekerjaan betonisasi jalan ruas Jatikalang-Pawindo. Foto: Diskominfo Sidoarjo

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo memperkirakan pekerjaan peningkatan jalan atau betonisasi di Ruas Jatikalang-Jalan raya depan PT Pawindo di Kecamatan Krian bisa selesai lebih cepat dari jadwal.

Gus Muhdlor, sapaan akrab Bupati Muhdlor, mengatakan awalnya pekerjaan betonisasi ruas jalan sepanjang 200 meter tersebut selesai pada pertengahan Agustus 2022 mendatang.

“Hari ini setelah dilakukan inspeksi bersama, pekerjaan semua on target bahkan diperkirakan bisa lebih cepat selesai. Kalau awal diperkirakan selesai pada pertengahan Agusus, setelah dicek, InsyaAllah pertengahan Juli nanti bisa rampung,” ujarnya di sela meninjau pekerjaan betonisasi Ruas Jatikalang-Jalan raya depan PT Pawindo, Selasa (28/6/2022).

Gus Muhdlor menambahkan, betonisasi diprioritaskan terhadap jalan yang rawan pemeliharaan atau dengan kata lain jalan yang sering rusak. Selain itu betonisasi juga menyasar ruas jalan yang drainase-nya buruk, atau yang mudah terjadi genangan air. Intensitas kendaraan yang lewat juga menjadi faktor pemilihan jalan untuk dibeton, seperti jalan Jatikalang sampai PT. Pawindo.

“Jalan yang pemeliharaannya sangat sering akan kita tingkatkan pembangunanya menjadi jalan cor untuk efisiensi pemeliharaan aspal,”ujarnya.

Gus Muhdlor juga mengatakan pembangunan jalan aspal lebih sering mengalami kerusakan. Pasalnya Kabupaten Sidoarjo merupakan daerah Delta. Oleh karenanya pembangunan jalan beton menjadi pilihan agar awet.

Rencana ke depan, ujar Gus Muhdlor, pembetonan akan dilakukan sampai perempatan jalan Candinegoro Wonoayu. Atau betonisasi jalan Desa Jatikalang Krian akan menyambung sampai perempatan jalan Desa Candinegoro Wonoayu.

“Peningkatan mutu betonisasi didasarkan pada jalan yang pemeliharaannya tinggi atau tingkat kerusakan aspalnya tinggi,” tuturnya.

Tahun ini Pemkab Sidoarjo menargetkan bisa menyelesaikan pekerjaan betonisasi di 17 ruas jalan dengan total panjang 21 km. Rizal Asnan Plt. Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air (Dinas PUBM SDA), memastikan pihaknya akan fokus pada pekerjaan betonisasi dan memastikan pekerjaan dilakukan dengan baik dan cepat.

“Seperti betonisasi di ruas Jatikalang-Pawindo ini yang lebih cepat dari target, hasilnya kita pantau terus. Selesai cepat dan kualitas sesuai dengan perencanaan,” ujar Rizal.

Selain peningkatan jalan melalui betonisasi, Pemkab Sidoarjo juga akan melakukan pemeliharaan 68 ruas jalan pada tahun 2022 ini. Pemeliharaan dilakukan dengan pelapisan ulang aspal dan perbaikan jalan berlubang.(dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Kamis, 11 Agustus 2022
28o
Kurs