Jumat, 29 Maret 2024

Hari Jadi ke-163 Sidoarjo, Pemutakhiran Aplikasi Mal Pelayanan Publik Kadonya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Peluncuran aplikasi Sipraja 3.0, pemutakhiran aplikasi mal pelayanan publik Sidoarjo, di Pendapa Delta Wibawa, Minggu (30/1/2022) malam. Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo meluncurkan Aplikasi SiPraja versi 3, layanan berbasis virtual tepat di malam puncak peringatan Hari Jadi ke-163 Kabupaten Sidoarjo di Pendopo Delta Wibawa, Minggu malam (30/1/2022).

Mal Pelayanan Publik Virtual SiPraja 3.0 upgrading atau pengembangan aplikasi dari versi 2.0, SiPraja versi 3.0, itu dilengkapi layanan instansi vertikal seperti layanan konsultasi hukum virtual dengan Kejaksaan Negeri Sidoarjo.

Lainnya, termuat juga sejumlah layanan seperti SKCK Online dari Polresta Sidoarjo, layanan ZNT (Zona Nilai Tanah) dari intansi Badan Pertahanan Nasional (BPN), juga layanan Paspor.

Tidak hanya itu, di aplikasi itu masyarakat bisa mengakses layanan pembayaran air PDAM, listrik PLN, pengiriman barang dan surat PT Pos, pembayaran pajak kendaraan Bapenda Jatim, dan layanan Bank Jatim.

Juga layanan perbankan BPR Delta Artha, layanan Telkom, layanan BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan, juga layanan Instansi pemkab Sidoarjo seperti Dispendukcapil, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Sosial, serta aduan di Diskominfo 24 jam bisa diakses.

“Mal pelayanan public virtual Sipraja 3.0 ini semakin mendekatkan layanan pemerintah kepada masyarakat. Ini jawaban bahwa pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat lewat kemudahan kanal pelayanan pemerintah,” kata Muhdlor.

Penandatanganan komitmen peningkatan mal pelayanan public virtual di layanan Sipraja 3.0 dilandasi penandatangan kerja sama atau MoU antara Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor dengan instansi vertikal terkait.

Di antaranya dengan Polrestas Sidoarjo, Kejari Sidoarjo, Pengadilan Negeri Sidoarjo, PT Pos Indonesia, PDAM, Bapenda Jatim, Kantor Imigrasi Khusus Kelas 1 Surabaya, KCU Bank Jatim Sidoarjo, dan BPN Sidoarjo.

Proses penandatangan MoU dilakukan di Pendopo Delta Wibawa, di acara resepsi Upacara Hari Jadi ke-163, Senin (31/1/2022).

Gus Mudlor Bupati berharap, Sidoarjo yang menginjak usia 163 tahun ini memberikan pelayanan yang transparan, cepat, dan akuntabel.

Karenanya dia mendorong jajarannya dan mengajak para stakeholder saling kolaborasi antarinstansi pemkab Sidoarjo dengan instansi vertikal untuk melayani masyarakat.

“Sidoarjo di usia ke-163 bisa memberikan pelayanan optimal kepada warganya. Pelayanan yang baik, cepat, transparan dan siaga. Target pembangunan yang sudah kita rencanakan di tahun 2022 akan kita tuntaskan. Karena masih banyak PR di Sidoarjo ini yang butuh penyelesaian dengan cepat,” ujarnya.

Beberapa pekerjaan rumah (PR) yang dia maksudkan antara lain mengurai kemacetan, penataan taman, penanganan banjir jangka panjang, infrastruktur jalan beton, serta peningkatan SDM.

“Itu semua butuh percepatan,” katanya.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs