Jumat, 30 September 2022

Hari Pertama Setelah Kembali Diresmikan, Wisata Air Kalimas Langsung Padat Pengunjung

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Penumpang memakai rompi sebelum berangkat naik Wisata Air Kalimas di Dermaga Taman Prestasi, Rabu (1/6/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Setelah diresmikan kembali oleh Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya pada Selasa (31/5/2022) malam, antrean tiket Wisata Air Kalimas Surabaya di loket Dermaga Taman Prestasi sudah terlihat mengular pada Rabu (1/6/2022) pukul 15.00 WIB. Bahkan penjualan tiket di hari pertama setelah peresmian tersebut, sudah menembus 1.294 tiket.

Per hari ini pula, jam operasional Wisata Air Kalimas sudah berlangsung normal seperti sebelum pandemi, yakni mulai pukul 08.00 hingga pukul 21.00 WIB, dengan beberapa waktu jeda.

“Pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB, lalu pukul 12.30 WIB kita buka lagi sampai pukul 17.00 WIB. Kemudian rehat, nanti pukul 18.00-21.00 buka lagi,” ujar Zainul petugas di Dermaga Taman Prestasi saat ditemui oleh suarasurabaya.net, Rabu sore.

Antrean loket tiket Dermaga Taman Prestasi sekitar pukul 16.45 WIB, Rabu (1/6/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sebagai informasi, Wisata Air kalimas sempat beberapa kali mengalami buka-tutup karena pandemi, dengan penutupan terakhir secara sementara pada 24-31 Mei 2022 lalu. langkah itu dilakukan, karena Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olah Raga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya melakukan sejumlah perbaikan dan penyempurnaan Wisata Air Kalimas, sebelum kembali dibuka dengan jam operasional normal.

“Lampu-lampunya kita perbaiki dan tambahkan, sekarang lebih sparkling. Perahu-perahu kita cat ulang, sekarang banyak titik untuk spot foto, ada penambahan narasi sejarah bangunan yang dilewati rute perahu dan bisa dibaca penumpang melalui scan barcode pada perahu,” ujar Rusdi Hismet Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Obyek Wisata Disbudporapar Kota Surabaya saat dikonfirmasi secara terpisah oleh suarasurabaya.net Rabu (1/6/2022).

Selain tampilan dermaga yang jauh lebih bagus serta sepanjang rute yang dilewati Wisata Air Kalimas dipenuhi lampu, dalam waktu dekat loket pembelian tiket akan tersedia di dua dermaga, yaitu Dermaga Taman Prestasi dan Dermaga Monumen Kapal Selam.

“Sementara ini yang tersedia sama, masih di Taman Prestasi dulu,” ujar Hismet.

Tidak hanya itu, di beberapa titik dalam rute perjalanan Wisata Air Kalimas, penumpang perahu akan disuguhkan penampilan pemain musik saksofon dari atas perahu lainnya. Selain itu juga akan ada pasar apung berisi gelaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di atas perahu. Percobaan itu sudah dilakukan saat peresmian kembali Wisata Air Kalimas Reborn.

Sementara untuk harga tiket yang berlaku saat ini, masih Rp4 ribu dengan rute Dermaga Taman Prestasi – Taman Ekspresi untuk weekend dan tanggal merah, serta rute Dermaga Taman Prestasi-Dermaga Monkasel hari biasa.

“Rute panjang dari Monkasel sampai Siola nanti berbeda. Penumpang bisa memilih saat pembelian tiket mau turun di Dermaga mana,” pungkas Hismet. (lta)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Jumat, 30 September 2022
29o
Kurs