Jumat, 26 April 2024

Hari Raya Nyepi, Jokowi Ajak Umat Hindu Bersama-sama Wujudkan Indonesia Maju

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Tawur Kesanga berlangsung khidmat, ibadah ini bertujuan untuk membersihkan dan mewisuda bumi sebelum Nyepi, yakni dimana umat akan melaksanakan tapa brata penyepian, Rabu (2/3/2022). Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944, yang dirayakan tepatan hari ini, Kamis (3/3/2022), buat seluruh Umat Hindu di seluruh Tanah Air.

Lewat media sosial Instagram, Presiden mengajak Umat Hindu menyelaraskan niat, pikiran, serta langkah bersama menuju cita-cita Indonesia.

Menurut Jokowi, dalam suasana hening, seluruh pihak bisa menyelaraskan niat, pikiran dan langkah untuk mewujudkan Indonesia maju.

“Dalam hening kita melihat dengan mata dan hati yang bening. Mari kita selaraskan niat, pikiran, dan langkah menuju Indonesia yang kita cita-citakan bersama. Indonesia yang maju,” ucap Presiden.

Sementara itu, Zainut Tauhid Sa’adi Wakil Menteri Agama berharap Umat Hindu terus memperkuat nilai-nilai moderasi beragama, pada momen perayaan Hari Suci Nyepi, Tahun Saka 1944.

Dalam sambutannya di acara Tawur Agung Kesanga, di Plataran Candi Prambanan, Jawa Tengah, Rabu (2/3/2022), Zainut menyampaikan beberapa pesan dari pemerintah.

Antara lain, mengimbau Umat Hindu memperingati hari suci dengan sederhana, tetap mematuhi protokol kesehatan tanpa mengurangi makna dan kekhidmatan perayaan Nyepi.

Kemudian, dia berharap Umat Hindu tidak cuma merayakan Nyepi dari sisi ritualnya saja, tapi juga mengimpelementasikan nilai-nilai luhur yang terkandung di kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Perayaan Hari Suci Nyepi jangan hanya berhenti pada tataran ritual saja, tapi kita jadikan Hari Suci Nyepi sebagai momentum merealisasikan maknanya untuk amal dalam beragama dan berbangsa,” katanya.

Sekadar informasi, Hari Suci Nyepi tahun ini bertema Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi dalam Moderasi Beragama Menuju Indonesia Tangguh.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs