Minggu, 5 Mei 2024

Ini Lima Sektor Investasi yang Menarik di Surabaya

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Hotel dan Restoran jadi salah satu sektor yang dilirik PMA dan PMDN. Dok. Suara Surabaya..net

Surabaya tercatat sebagai kota/kabupaten dengan capaian realisasi investasi tertinggi kedua di Indonesia yang mencapai Rp 29,22 triliun pada 2021.

Atas pencapaian tersebut, Surabaya meraih penghargaan dari Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia (RI).

Dewi Soeriyawati Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Surabaya menyampaikan realisasi investasi Kota Surabaya pada 2021 meningkat jadi Rp29,22 triliun, dari Rp22,15 triliun pada 2020.

“Ada dua sektor yang menarik. Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Realisasi 2021 terdiri dari Rp2,85 triliun PMA dan Rp26,37 triliun PMDN,” kata Dewi kepada Radio Suara Surabaya,, Jumat (18/2/2022).

Untuk PMDN, ada lima sektor unggulan, yang pertama Perumahan Kawasan Industri dan Perkantoran.

Kedua Transportasi Gudang dan Telekomunikasi, ketiga Hotel dan Restoran, Keempat Kesehatan dan kelima, Perdagangan, dan Reparasi.

“Untuk PMA, yang pertama, Transportasi Gudang dan Telekomunikasi. Kedua, Perdagangan dan Reparasi, Ketiga Hotel dan Restoran, keempat Perumahan Kawasan Industri dan perkantoran, kelima Industri Kimia dan Farmasi,” ujarnya.

Dengan banyaknya investor yang masuk, Dewi berharap capaian investasi bisa melebihi tahun 2021.

“Kenaikan itu kalau investasi sekitar lima persen, semoga saja pandemi Covid-19 merendah dan target capaian kami bisa lima persen,” tukasnya.(man/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs