Senin, 6 Februari 2023

Inisiasi Kemkominfo Menjawab Tantangan Menuju Smart City

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Johnny G. Plate Menteri Komunikasi dan Informatika RI saat menghadiri acara seminar dan pameran Gerakan Menuju Smart City 2022, Jakarta, Kamis (1/12/2022). Foto: Kominfo

Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) periode 2022 yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, telah membimbing 50 kabupaten/kota dalam penyusunan induk pembangunan kota cerdas, sebagai upaya menjawab tantangan sekaligus memaksimalkan potensi.

Gerakan Menuju Smart City ini telah bergulir sejak 2017 hingga 2022, yang berhasil membimbing 191 kota dan kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia.

Gerakan yang terinspirasi dari Presidensi G20 Indonesia, mengusung tema “Mewujudkan Kota Cerdas yang Adaptif, Kolaboratif, dan Berkelanjutan”.

Johnny G. Plate Menteri Komunikasi dan Informatika RI mengatakan, Smart City bukan hanya sekadar teknologi, melainkan inisiatif yang bertumpu pada inovasi dan kolaborasi. Tujuan utamanya yakni meningkatkan taraf hidup seluruh masyarakat.

Semuel Abrijani Pangerapan Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menjelaskan, pemerintah daerah peserta Gerakan Menuju Smart City terus berkomitmen dalam menjalankan inovasi yang telah disusun di rencana induk.

Tidak hanya memberikan bimbingan, melainkan juga memberi evaluasi implementasi dengan mengukur dampak langsung kepada masyarakat.

Pemberian Apresiasi

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menggelar acara seminar dan pameran Gerakan Menuju Smart City 2022 sebagai bentuk memberikan apresiasi kepada peserta di pemerintah kabupaten/kota. Kesempatan ini juga dihadiri 50 pemimpin kabupaten/kota untuk mendapatkan penghargaan.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada kota/kabupaten periode sebelumnya yang berhasil memberikan manfaat optimal bagi warganya.

Penghargaan tersebut diberikan kepada:

Kota Bandung atas implementasi program smart city terbaik kategori Smart Governance.

Kota Surakarta atas implementasi program smart city terbaik kategori Smart Branding.

Kota Semarang atas implementasi program smart city terbaik kategori Smart Economy.

Kota Yogyakarta atas implementasi program smart city terbaik kategori Smart Society.

Kabupaten Demak atas implementasi program smart city terbaik kategori Smart Living.

Kota Madiun atas implementasi program smart city terbaik kategori Smart Environment.

Kabupaten Wonogiri atas implementasi program smart city terbaik kategori Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional.

Tidak hanya itu, acara ini juga menyelenggarakan pameran virtual (https://indonesiasmartcity.id) atas pencapaian kabupaten/kota peserta Gerakan Menuju Smart City. Pameran ini diharapkan dapat meningkatnya pemahaman publik akan inisiatif kota cerdas di Indonesia, sekaligus membuka ruang kolaborasi antar pemerintah, swasta, maupun masyarakat luas.(tik/ipg)

Berita Terkait