Senin, 8 Agustus 2022

Jalur Lumajang-Probolinggo Macet Akibat Penyempitan Jalan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kemacetan di Jalur Ranuyoso - Malasan Probolinggo karena penyempitan jalan, Rabu (4/5/2022). Foto: Kukuh WA SS

Kemacetan yang terjadi di wilayah Kabupaten Lumajang mengarah ke Kabupaten Probolinggo, sejak Rabu (4/5/2022) pagi, dilaporkan karena penyempitan jalan.

Selain itu, peningkatan volume kendaraan pada H+3 Lebaran, juga menjadi salah satu penyebab kemacetan itu.

Ipda Didit Ardiana Afdillah Kanit Patroli Polres Lumajang pada Radio Suara Surabaya menjelaskan, titik kemacetan mulai dari Jalan Raya Ranuyoso sampai dengan Jalan Raya Malasan Probolinggo.

“Kalau dari arah Kabupaten Lumajang sudah ada pelebaran jalan, tapi sesampainya di perbatasan Probolinggo jalannya menyempit sehingga terjadi penumpukan kendaraan,” terangnya.

Didit menjelasakan, saat ini pihaknya sudah menempatkan personil di titik-titik penyebab kemacetan untuk membantu mengurangi volumen kendaraan.

“Di perempatan yang biasanya dipakai masyarakat untuk penyebrangan, sekarang sudah ditutup dulu untuk sementara oleh petugas agar tidak menambah kemacetan. Harapannya sore ini sudah berangsur membaik,” jelasnya.

Saat ini, Kanit Patroli Polres Lumajang sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Probolinggo untuk membantu penguraian kemacetan di seputaran Jalan Raya Malasan sampai Exit Tol Probolinggo Timur.

Peningkatan volume kendaraan di wilayah tersebut, lanjut Didit, pada hari ini jauh lebih tinggi dari hari-hari sebelumnya. Untuk mengantisipasi kemacetan yang bisa terjadi pada esok hari, pihak kepolisian akan memfokuskan  pemantauan di jalur Utara.

Terkait pelanggaran yang dilakukan oleh para pengguna jalan, Kata Didit, kendaraannya akan ditandai dengan ‘Janur Kuning’.

“Kita tandai dengan dengan ‘Janur Kuning ‘ nanti kendaraanya, sesuai program Polda Jatim agar masyarakat lainnya tau, kalau kendaraan tersebut tidak disiplin dan bisa membahayakan pengguna jalan lain,” paparnya. (bil/iss)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Kecelakaan Truk Terguling di KM 750 Tol Waru

Kemacetan di Jalan Ahmad Yani

Surabaya
Senin, 8 Agustus 2022
26o
Kurs