Kamis, 9 Mei 2024

Jatim Pecahkan Rekor Muri Pembentangan Bendera Terpanjang di Dunia dalam Hari Pahlawan 2022

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Bendera yang dibentangkan dalam acara peringatan hari pahlawan yang diadakan di Jembatan Suramadu Surabaya pada Kamis (10/11/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Jawa Timur memecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI) setelah berhasil membentangkan bendera merah putih sepanjang 3.219 meter di Jembatan Suramadu dalam peringatan Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2022).

Pemberian piagam rekor MURI oleh Triyono Senior manajer MURI kepada Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur setelah acara pembentangan bendera di Jembatan Suramadu Surabaya, pada Kamis (10/11/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, mengatakan bahwa kegiatan itu dilakukan untuk meraih semangat kepahlawanan yang dimiliki oleh para pejuang bangsa.

“Merah putih bagian yang bisa membangun kekuatan napas nasionalisme kita, tentu diikuti dengan karakter kepahlawanan yang harus kita teladani, kita ikuti dan kita implementasikan,” ucapnya saat berada di area Jembatan Suramadu Surabaya.

Ia juga mengatakan, karakter kepahlawanan bisa diterapkan oleh siapa saja, di mana saja dan kapan saja, yakni harus dengan tujuan untuk menginisiasi dan memberikan dedikasi kepada lingkungan sekitar agar memiliki jiwa nasionalisme yang kuat.

“Tentu kita berharap akan ada lagi bendera merah putih yang dikibarkan sebanyak mungkin dan sepanjang mungkin di mana saja, karena napas ke-Indonesiaan kita akan hadir di sana,” jelasnya.

Menurutnya, dengan meneladani perjuangan pahlawan, akan mampu menjadikan Indonesia lebih hebat dan kuat, tak terkecuali Jawa Timur

Ia berharap, melalui peringatan hari pahlawan itu dapat menghasilkan sikap yang dapat membangun integrasi bangsa serta keutuhan bangsa.

Sementara itu, Triyono Senior Manajer MURI mengatakan bahwa rekor itu ditetapkan bukan hanya sebagai rekor di Indonesia melainkan sebagai rekor di dunia.

“Karena hingga saat ini pembentangan bendera di Suramadu menjadi yang terpanjang dan pertama kalinya,” ucapnya.

Sebelum menentukan rekor tersebut, MURI telah mengukur bendera yang dibentangkan di Suramadu itu dan memastikan bahwa ukurannya sesuai dengan apa yang dikabarkan sebelumnya.

Sebagai informasi, pembentangan itu dilakukan oleh ribuan peserta dari Jawa Timur, yakni terdiri dari ASN (Aparatur Sipil Negara) dan pelajar dari SMA Negeri 19 Surabaya.

Selain itu, bendera sepanjang 3.219 meter itu, merupakan hasil jahitan dari siswa siswi yang ada di Mojokerto dan dalam kegiatan pembentangan itu dihadiri juga secara langsung oleh Bupati Mojokerto.(ris/rum/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version