Kamis, 9 Mei 2024

Jelang Iduladha, Pemkot Surabaya Perketat Pendampingan Hewan Ternak Bersama Dinas Pertanian

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Ilustrasi, salah satu peternakan sapi yang ada di Surabaya.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyampaikan upaya Pemerintah Kota Surabaya dalam penanganan hewan kurban menjelang Iduladha di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Kita sudah bergerak untuk memastikan bahwa ternak yang ada di Kota Surabaya sudah ada pendampingan oleh Dinas Pertanian,” tegas Eri Cahyadi usai acara penyerahan ijazah kepada SMA se-derajat di Convention Hall Arief Rahman Hakim, Selasa (14/6/2022).

Pendampingan tersebut misalnya beberapa kecamatan yang sempat lockdown ternak sapinya sudah diberikan vitamin. “Demikian juga dengan ternak-ternak yang datang ke Surabaya nanti akan di cek Dinas Pertanian untuk memastikan kondisinya,” ujarnya.

Terkait soal vaksin PMK, Eri menegaskan sudah melakukan sejak awal, karena itu bagian dari pendampingan. Vaksinnya sendiri, didapat langsung dari pemerintah.

“Kita melakukan berdampingan, khusus ternak yang ada di Surabaya karena jumlahnya tidak terlalu banyak dibandingkan di Sidoarjo,” jelas Eri.

Pendampingan yang dilakukan, lanjut Eri dengan mendatangi langsung peternak, misalnya peternak di daerah Benowo.

Untuk memastikan keamanan hewan kurban, pihaknya juga akan bekerja sama dengan Provinsi Jawa Timur.

“Kalau nanti ada orang jualan ke Surabaya saat Iduladha maka kita akan berkoordinasi dengan Provinsi, per wilayah kita akan lakukan pemeriksaan secara acak,” tegas Eri.(man/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
28o
Kurs