Sabtu, 27 April 2024

Jelang Mudik Lebaran, Penumpang Kapal Naik Signifikan

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Ilustrasi Mudik dengan Kapal

Sepuluh hari menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah, peningkatan arus penumpang kedatangan maupun keberangkatan di sejumlah terminal penumpang Pelindo Regional 3 cukup signifikan pada mudik lebaran tahun ini.

Ardhy Wahyu Basuki Regional Head 3 Pelindo mengatakan, peningkatan jumlah penumpang mencapai 53.745 orang atau meningkat 102 persen dibanding lebaran tahun lalu yang hanya mencapai 25.051 orang.

“Peningkatan jumlah penumpang ini didominasi terjadi di beberapa terminal penumpang utama di bawah pengelolaan Pelindo Regional 3, di antaranya adalah terminal penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak yang mencapai 17.744 dan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas 6252 orang,” jelas Ardhy, Sabtu (23/4/2022).

Ardhy memprediksi, peningkatan penumpang ini dipicu karena pelonggaran aturan perjalanan jauh yang dilakukan oleh pemerintah. Meskipun begitu, pihaknya telah mengantisipasi dengan berkoordinasi berbagai pihak seperti kepolisian dan KSOP setempat menyiapkan sejumlah pos pengamanan Idufitri di sejumlah terminal penumpang.

“Jumlah ini pun diprediksi akan terus naik menjelang lebaran, ” ujarnya.

Sementara itu Mugen Suprihatin Sartoto Plt Dirjen Hubla Kemenhub yang menyempatkan diri meninjau layanan di terminal penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Rabu (20/4/2022) mengapresiasi kesigapan Pelindo dan jajarannya dalam mengantisipasi lonjakan penumpang dengan menyiapkan sejumlah fasilitas umum dan mendirikan posko pengamanan di sejumlah pelabuhan. Hal ini bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan pemudik selama bepergian.

“Penyelenggaraan angkutan lebaran 2022 termasuk angkutan lautnya sejauh ini berjalan dengan baik dan lancar. Semua sesuai dengan rencana dan ditunjang oleh koordinasi yang sangat baik antar instansi,” jelasnya.(man/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
26o
Kurs