Kamis, 25 April 2024

Jemaah Haji Kelelahan di Jalur Jamarat

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Jemaah haji melempar jumrah aqabah di Jamarat. Foto: Antara

Jemaah haji banyak yang kelelahan di jalur Jamarat untuk melempar jumrah sehingga mereka beristirahat sejenak di pinggir jalur dan sekitar pos layanan kesehatan.

“Kami keliling membawa kursi roda dan air minum, menemukan banyak jemaah yang kelelahan dan dehidrasi terutama yang berusia 50 tahun ke atas,” kata Erwinsyah koordinator Emergency Medical Team (EMT) Mekkah, di Jamarat, melansir Antara, Minggu (10/7/2022)

Erwin mengatakan di pos layanan kesehatan di Jamarat cukup banyak dikunjungi jemaah untuk mendapatkan layanan. Mereka dipasangkan infus dan diberi minum serta semprotan air sampai kondisinya membaik baru kembali ke tenda di maktab mereka di Mina.

Selain Erwin, hal yang sama dikatakan oleh Nuraisah Petugas Pertolongan Pertama pada Jamaah (P3JH) bahwa sebagian besar jemaah kelelahan, dehidrasi dan kram otot karena cuaca panas dan jalan yang ditempuh cukup jauh dari tenda mereka di Mina.

“Kami juga menyiapkan kursi roda tapi jumlahnya terbatas. Sehingga harus benar-benar memilih yang membutuhkan kursi roda,” kata Nuraisah.

Sebelumnya, Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama mengimbau supaya jemaah haji benar-benar memanfaatkan waktu untuk beristirahat dan tidak memaksakan diri dan tidak melakukan kegiatan di luar ibadah.

Menag meminta jemaah haji untuk menjaga stamina karena proses lontar jumrah yang dijangkau dengan berjalan kaki dari Mina merupakan puncak ibadah fisik yang membutuhkan kekuatan fisik.

“Saya harap jamaah tetap jaga stamina dan ikuti pembimbing ibadah,” ujar Menag.(ant/wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs