Kamis, 18 Agustus 2022

Jemaah Calon Haji Diberangkatkan dalam Tiga Tahap ke Arafah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas mengecek tenda yang akan digunakan jemaah haji untuk melaksanakan wukuf di Arafah. Foto: Antara

Mukhammad Khanif Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah mengatakan jika jemaah calon haji (CJH), mulai diberangkatkan dari Makkah ke Arafah pada Kamis (7/7/2022) dalam tiga trip atau tahap.

“Trip pertama pukul 07.00 sampai 10.00 Waktu Arab Saudi (WAS), tahap kedua pukul 10.00 sampai 14.00 dan tahap ketiga pukul 14.00 sampai 17.00,” papar Khanif di Mekkah, Kamis, dikutip Antara.

Lebih lanjut, dia mengatakan, masing-masing maktab akan memberangkatkan jemaah dengan 16 bus yang diurutkan berdasarkan penentuan oleh maktab dan ketua-ketua kloter.

“Jadi pemberangkatan bukan berdasarkan sektor, tapi per maktab. Jadi, maktab sudah membuat perjanjian dengan ketua-ketua sektor di masing-masing maktab. Semua maktab akan memberangkatkan, jadi kita memiliki urutan maktab dari 1-44,” katanya.

Masing-masing maktab akan memberangkatkan jamaah sesuai kesepakatan dan petugas akan memonitor serta mengawal pergerakan jamaah haji di sektor. Diharapkan sampai dengan pukul 17.00 WAS seluruh jemaah haji sudah diberangkatkan dari Mekkah ke Arafah.

“Insya Allah pukul 17.00 jemaah sudah berangkat semua, dan kita berharap tahun ini lancar dan semua jemaah haji bisa diberangkatkan sebelum malam hari,” tuturnya.

Untuk memastikan semua jemaah diberangkatkan ke Arafah, petugas akan melakukan sweeping ke hotel-hotel jemaah di sektor-sektor. Begitu pula di Masjidil Haram, akan ada petugas khusus yang memastikan semua jemaah telah berangkat ke Arafah.

Setelah dinyatakan tidak ada lagi jamaah di Makkah, baru kemudian petugas diberangkatkan ke Arafah.

Khanif berharap, jemaah haji menjaga kesehatan untuk pelaksanaan puncak haji, pada Jumat (8/7/2022). Jemaah juga bisa membawa bekal, seperti kurma untuk menambah asupan serta diingatkan selalu bawa air minum karena cuaca yang panas agar tidak dehidrasi. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Kamis, 18 Agustus 2022
26o
Kurs