Jumat, 19 Agustus 2022

Jokowi Minta Masyarakat Merawat Lagu-lagu Daerah

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Foto: bates.edu

Joko Widodo Presiden mengajak seluruh masyarakat dengan penuh kesadaran merawat serta mengembangkan musik dan lagu-lagu daerah.

Pernyataan itu disampaikan Presiden lewat media sosial Instagram, hari ini, Rabu (9/3/2022), bertepatan dengan momen Hari Musik Nasional 2022.

Menurut Jokowi, musik dan lagu daerah merupakan kekayaan budaya yang perlu dikembangkan sebagai pengiring kemajuan Indonesia.

“Musik dan lagu-lagu daerah itu adalah khazanah kekayaan budaya bangsa Indonesia yang harus terus kita rawat dan kita kembangkan untuk mengiringi langkah kita menuju kemajuan,” tulisnya.

Bangsa Indonesia, lanjut Kepala Negara, harus bersyukur karena mendapat anugerah dari Tuhan berupa kekayaan bahasa, tradisi, musik, serta lagu.

Buktinya, setiap suku di Indonesia punya alat musik dan lagu khas daerah masing-masing.

“Hampir di setiap daerah dan suku di negeri ini kita bisa mendengar alunan nada dan suara yang indah, mengelus jiwa, membangkitkan semangat, dan menciptakan harmoni,” imbuhnya.

Dalam video pendek yang diunggah di akun @jokowi, terlihat sejumlah orang sedang bermain alat musik tradisional daerah Indonesia.

Sekadar informasi, Hari Musik Nasional dirayakan setiap tanggal 9 Maret mulai tahun 2013. Tahun ini merupakan peringatan yang kesembilan kalinya.

Hari Musik Nasional diatur lewat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013 yang ditandatangani Soesilo Bambang Yudhoyono.

Peringatan Hari Musik Nasional merupakan bentuk penghormatan dan apresiasi negara kepada seluruh insan musik Indonesia.

Tanggal 9 Maret dipilih karena bertepatan dengan tanggal lahir Wage Rudolf Soepratman pahlawan yang menciptakan lagu-lagu nasional, salah satunya Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Jumat, 19 Agustus 2022
29o
Kurs