Sabtu, 27 April 2024

Jokowi Presiden Berkunjung ke Lokasi Terdampak Gempa Bumi di Cianjur lewat Jalur Darat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Kerusakan bangunan SDN Cugenang akibat gempabumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Foto: BPBD Kabupaten Cianjur

Joko Widodo Presiden, hari ini, Selasa (22/11/2022), melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Presiden bersama rombongan terbatas berangkat lewat jalur darat sekitar pukul 11.25 WIB.

Kunjungan Kepala Negara untuk memastikan korban gempa bumi Magnitude 5,6 di Kabupaten Cianjur yang terjadi kemarin siang, Senin (21/11/2022) mendapatkan penanganan yang layak.

Selain itu, Jokowi ingin memastikan tidak ada hambatan dalam proses pengiriman bantuan logistik, seperti makanan, minuman, obat-obatan, sembako, dan bantuan lainnya.

Setibanya di lokasi, Kepala Negara dijadwalkan meninjau langsung sejumlah lokasi yang terkena dampak bencana gempa bumi. Antara lain, rumah sakit, fasilitas umum yang mengalami kerusakan dan posko pengungsian.

Bey Machmudin Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden mengatakan, Presiden sebetulnya bisa naik Helikopter Kepresidenan menuju lokasi bencana alam di Cianjur.

Tapi, RI 1 memilih naik mobil untuk memastikan akses jalan yang sempat tertutup longsoran tanah akibat gempa sudah kembali terbuka dan bisa dilewati.

“Presiden lebih memilih menggunakan mobil untuk memastikan akses jalan yang sempat tertutup akibat gempa, sudah kembali terbuka,” ujar Bey kepada wartawan.

Berdasarkan data Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), per pagi hari ini, sebanyak 162 orang meninggal dunia, dan ratusan orang lainnya mengalami luka-luka.

Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi Kepala Basarnas dalam konferensi pers, Selasa (22/11/2022) pagi, di Jakarta, mengatakan korban akibat gempa bumi di Cianjur masih bisa bertambah.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
26o
Kurs