Jumat, 29 Maret 2024

Jokowi Presiden Menyambut Kedatangan Pemimpin Negara di Lokasi KTT G20

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden berjabat tangan dengan Joe Biden Presiden Amerika Serikat sebelum pertemuan bilateral di Bali, Senin (14/11/2022). Foto: Sekretariat Presiden

Joko Widodo Presiden RI, pagi hari ini, Selasa (15/11/2022), menyambut kedatangan para pemimpin negara dan tamu undangan di hari pertama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Nusa Dua, Bali.

Jokowi seorang diri menerima sejumlah tamu undangan di Gerbang Utama The Apurva Kempinski, Nusa Dua, tempat KTT G20.

Mereka yang hadir antara lain Lee Hsien-loong Perdana Menteri Singapura, Anthony Albanese PM Australia, Olaf Scholz Kanselir Jerman, dan Mark Rutte PM Belanda.

Kemudian, Justin Trudeau Perdana Menteri Kanada, Fumio Kishida PM Jepang, dan Emmanuel Macron Presiden Prancis.

Selanjutnya, hadir di lokasi Rishi Sunak PM Inggris, Cyril Ramaphosa Presiden Afrika Selatan, Recep Tayyip Erdogan Presiden Turki, Xi Jinping Presiden China, dan Joe Biden Presiden Amerika Serikat.

Selain pemimpin negara G20, ada juga pimpinan organisasi dunia seperti Antonio Guterres Sekretaris Jenderal PBB, Tedros Adhanom Ghebreyesus Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan Ursula Von der Leyen Presiden Komisi Uni Eropa.

Sebelumnya, ada 17 dari total 20 pemimpin negara yang menyatakan hadir pada KTT G20 tanggal 15-16 November 2022, di Nusa Dua, Bali.

Tiga pemimpin negara yang tidak bisa hadir yaitu Vladimir Putin Presiden Rusia, Jair Bolsonaro Presiden Brasil, dan Andres Manuel Lopez Obrador Presiden Meksiko.

Rusia diwakili Sergei Lavrov Menteri Luar Negeri, sedangkan Volodymyr Zelenskiy Presiden Ukraina bersedia mengikuti KTT G20 secara virtual.

Seperti diketahui, Indonesia mengusung tema Recover Together, Recover Stronger. Dengan tema itu, Indonesia mengajak seluruh negara bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan akibat pandemi Covid-19 dan perang Rusia-Ukraina.

Presidensi G20 Indonesia menetapkan tiga isu prioritas, yaitu arsitektur kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, serta transformasi digital dan ekonomi.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs