Sabtu, 25 Mei 2024

Jokowi Presiden Terima IHPS I Tahun 2022 dari BPK

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menerima Ketua BPK beserta jajarannya, Selasa (1/11/2022), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Selasa (1/11/2022), menerima Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I Tahun 2022 yang diserahkan Isma Yatun Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam keterangannya, Nyoman Adhi Suryadnyana Anggota I BPK menyampaikan pertemuan dengan Presiden membahas rekomendasi hasil pemeriksaan di kementerian, lembaga, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Kami sampaikan tadi terkait beberapa masukan dan pandangan, serta rekomendasi dari kami terhadap hasil pemeriksaan di kementerian, lembaga, BUMN. Masukan kepada Pemerintah sebagai alternatif pengambilan kebijakan dan juga perbaikan terhadap tata kelola dan keuangan negara,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Selanjutnya, Nyoman menjelaskan rekomendasi hasil pemeriksaan tersebut tidak hanya untuk satu kementerian. Tapi, disampaikan kepada seluruh kementerian/lembaga melalui Kementerian Keuangan.

“Secara umum, perbaikan-perbaikan yang dilakukan nanti akan ditindaklanjuti Menteri Keuangan selaku koordinator, lalu menyampaikan surat dari Presiden kepada seluruh kementerian dan lembaga untuk menindaklanjuti temuan-temuan dan perbaikan-perbaikan dari kami,” jelasnya.

Lebih lanjut, Nyoman menuturkan rekomendasi temuan BPK tersebut meliputi berbagai bidang menyangkut kementerian serta lembaga secara menyeluruh.

“Temuan-temuan perbaikannya terkait bidang pengendalian internal ada juga bidang terkait dengan pemenuhan ketentuan peraturan perundangan. Jadi, laporan kami ini sifatnya umum, IHPS tidak menyangkut satu dua kementerian, tapi kementerian dan lembaga secara menyeluruh,” sebutnya.

Turut hadir mendampingi Jokowi Presiden dalam acara itu antara lain yaitu Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan, dan Pramono Anung Wibowo Sekretaris Kabinet.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
32o
Kurs