Rabu, 24 April 2024

Jokowi Resmikan Asrama Mahasiswa Nusantara Pertama di Surabaya

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI waktu memberikan sambutan sebelum meresmikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN), Selasa (29/11/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden RI meresmikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) pertama di Indonesia yang terletak di kawasan Siwalankerto, Kecamatan Wonocolo, Surabaya, Selasa (29/11/2022) siang.

Rombongan Presiden, tiba di lokasi peresmian sekitar pukul 14.00 WIB. Di sepanjang jalan menuju AMN, mobil Presiden disambut ratusan siswa dari jenjang SD hingga SMA sambil membawa bendera merah putih.

Rombongan Jokowi Presiden waktu menuju ke panggung utama di Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN), Selasa (29/11/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Kemudian ketika memasuki pintu gerbang AMN, Jokowi yang didampingi sejumlah pejabat dan Menteri disambut dengan yel-yel yang disorakkan mahasiswa AMN.

Selamat datang pahlawan kita, lama nian kami rindukan bapak.
Inilah kami anak-anakmu selamat datang di AMN.
Terpesona aku terpesona memandang pak Jokowi di AMN,” kurang lebih bunyi yel-yel untuk menyambut Jokowi.

Kemudian, dalam sambutannya Jokowi menyampaikan bahwa AMN merupakan tempat untuk saling mengenal berbagai suku dan bangsa se-Nusantara.

“Kalau semua suku dan bangsa bisa kompak dan rukun, maka bisa menjadi kekuatan besar bagi Indonesia,” tegas Jokowi dalam sambutannya, Selasa (29/11/2022).

Di asrama yang terdiri dari beberapa gedung besar itu, bakal dihuni sebanyak 410 mahasiswa dari seluruh Indonesia. Dengan rincian 253 orang putra dan 157 orang putri yang terdiri dari empat kampus negeri di Surabaya.

Yaitu, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Airlangga (Unair).

“Tadi saya tanya satu-satu mahasiswa, ada yang datang dari Timika, Manokwari, Palembang, dan Manado. Betul-betul ini merupakan keberagaman Indonesia” ucap Jokowi.

Jokowi juga menceritakan bahwa gagasan awal dibangunnya AMN merupakan usulan dari 61 tokoh Papua yang pernah datang di Istana. Tujuannya untuk merawat keberagaman dan mengenal sesama bangsa.

Joko Widodo Presiden RI saat meninjau data tentang Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN), Selasa (29/11/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Sementara itu, Budi Gunawan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia yang hadir mendampingi Jokowi mengatakan jika AMN merupakan kolaborasi dari berbagai lembaga dan Kementerian.

Mulai dari BIN, Kementerian Pertahanan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek, Kementerian Agama, Kementerian KKP, Pemerintah Daerah dan berbagai Universitas.

“Di AMN juga dilengkapi ruang komunal, ruang serbaguna, perpustakaan, laboratorium, klinik kesehatan, dan tempat ibadah,” ujar Budi Gunawan.

Untuk ke depannya, AMN ini bakal dibangun di enam wilayah Indonesia. Seperti Surabaya yang baru diresmikan, Makassar, Manado, Malang, Bantul, dan DKI Jakarta.(wld/rum/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs