Minggu, 26 Mei 2024

KAI Akan Remajakan Unitnya Usai Kursi Berhadapan Kereta Ekonomi Viral Dikeluhkan Warganet

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Penumpang mencari tempat duduk di dalam kereta api di Stasiun Gubeng Surabaya, Jawa Timur, Minggu (12/4/2020). PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daop 8 Surabaya mengharuskan seluruh penumpang kereta api untuk mengenakan masker mulai Minggu (12/4) untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19). Foto: Antara

PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan memprogramkan peremajaan sarana yaitu kereta kelas ekonomi. Peremajaan ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan selama dalam perjalanan.

“Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, KAI selalu berupaya untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan dalam berbagai aspek. Kali ini, KAI akan membeli kereta-kereta baru kelas ekonomi untuk menggantikan sarana yang sudah lama beroperasi,” ujar Joni Martinus VP Public Relations KAI, Kamis (25/8/2022).

Joni melanjutkan, saat ini KAI memiliki 1.346 unit kereta penumpang, di mana 22 persen kereta tersebut sudah cukup lama dioperasikan sehingga perlu peremajaan. Dari keseluruhan jumlah unit kereta penumpang yang KAI miliki, 58 persennya merupakan kereta kelas ekonomi yaitu sebanyak 831 unit kereta.

“Saat ini KAI masih mendata jumlah kereta yang akan dibeli untuk menggantikan kereta-kereta yang telah lama dioperasikan tersebut. Rencana pembelian Kereta Ekonomi baru ini juga merupakan salah satu langkah KAI untuk memenuhi harapan pelanggan yang terus pulih setelah sebelumnya terdampak pandemi Covid-19,” ungkap Joni.

Dalam melanjutkan transformasi perusahaan, KAI akan terus mendengarkan berbagai masukan dari pelanggan.

“KAI akan terus berinovasi dalam mengembangkan berbagai layanan dan beradaptasi dengan perkembangan zaman sehingga pelanggan dapat lebih nyaman selama dalam perjalanan menggunakan KA,” tutup Joni.

Sebelumnya warganet ramai-ramai mengomentari cuitan yang diunggah oleh akun @qruunn di Twitter hingga viral.

Pemilik akun mencuit kenapa @KAI121  masih mempertahankan seat berhadap2an seperti ini? Padahal seat kek gini bikin sakit badan, apalagi perjalanan di atas 5 jam 

Banyak railfans (sebutan untuk penggemar jasa kereta api) yang menanggapi postingan tersebut dan menyampaikan keluhan senada saat menaiki kereta ekonomi.

@firdanaf membalas dengan berkomentar PP berkali kali lempuyangan-senen 9 jam duduk di kursi ini, berasa wajib militer🥲 3 org hadep hadepan, kursinya tegak bgt, gaada empuk2nya, lutut ketemu lutut, mau gerak gabisa, kepala badan kaki pegel semua. Nyampe stasiun auto jd yupi. 

Akun @_bagasnanda_ juga mencuit Sebenarnya bukan masalah ada harga ada rupa ya guys, saya juga ngerasain entah kenapa @KAI121 untuk kelas terendah belum ada perubahan, padahal minat Masyarakat untuk menggunakan jasa KAI itu bisa dibilang peminatnya massive.

Hingga hari Jumat (26/8/2022), cuitan ini telah direspon sebanyak 2806 kali oleh warganet.(dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
30o
Kurs