Sabtu, 28 Januari 2023

KAI Daop 8 Surabaya Kenalkan Transportasi Umum Lewat Dongeng di Momen Hari Anak Nasional

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Harris Rizky Pegiat Dongeng Surabaya saat mendongeng di hadapan anak-anak TK di Stasiun Surabaya Gubeng, Jumat (22/7/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

KAI Daop 8 Surabaya mengajak puluhan anak TK untuk mengenalkan transportasi umum melalui dongeng dan lomba mewarnai di Stasiun Surabaya Gubeng, Jumat (22/7/2022).

“Memperkenalkan transportasi umum pada anak-anak agar aware terhadap transportasi umum. Selain mewarnai ada juga Kak Harris (Harris Rizky, Pegiat Dongeng Surabaya) yang mengenalkan transportasi umum dengan cara mendongeng,” kata Luqman Arif Manager Humas Daop 8 Surabaya.

Kegiatan ini, kata Luqman, juga sebagai salah satu cara untuk memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada Sabtu, 23 Juli 2022.

Sementara menurut Harris Rizky Pegiat Dongeng Surabaya yang hari ini menyampaikan materi tentang transportasi, edukasi melalui dongeng adalah salah satu cara penyampaian pesan paling efektif pada anak-anak.

Lomba mewarnai di Stasiun Surabaya Gubeng wilayah KAI Daop 8 Surabaya, Jumat (22/7/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

“Penting, karena banyak juga anak-anak memanfaatkan transportasi umum kereta api. Kalau ada orang yang tidak dikenal, harus hari-hati, sekarang juga marak pelecehan seksual,” papar Harris pada suarasurabaya.net.

Selain itu upaya ini juga untuk mengembalikan lagi budaya dongeng yang erat kaitannya dengan anak-anak.

“Anak-anak itu aset masa depan. Dongeng bisa menumbuhkan imajinasi mereka. Karena sekarang tantangannya kan ada gadget, ini juga cara memerangi gadget bagi anak-anak,” imbuh Harris.

Lomba mewarnai dan kegiatan dongeng dilaksanakan di Playground Area Stasiun Surabaya Gubeng mulai pukul 09.00 – 11.00 WIB. Sementara Sabtu (23/7/2022) besok bertepatan dengan Hari Anak Nasional, akan ada pembagian souvenir dari petugas KAI Daop 8 Surabaya pada penumpang kereta api anak-anak.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait