Jumat, 29 Maret 2024

Kanwil Kumham Jatim Tingkatkan Pengamanan di Lapas Jelang Tahun Baru 2023

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Agung Krisna Pelaksana Tugas (Plt) Kakanwil Kemenkumham Jatim. Foto: Antara

Kantor Wilayah Hukum dan HAM (Kanwil Kumham) Jawa Timur meningkatkan pengamanan di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) menjelang pelaksanaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Agung Krisna Pelaksana Tugas (Plt) Kakanwil Kumham Jawa Timur, meminta pihaknya agar perlu tingkatkan lagi pengawasan, keamanan, dan ketertiban di 39 lapas serta rutan di provinsi tersebut.

“Eskalasi keamanan di lapas dan rutan jelang Natal dan tahun baru pasti meningkat,” ujar Agung di Surabaya, dikutip Antara, Kamis (1/12/2022).

Menurut Agung, meningkatnya eskalasi keamanan harus diimbangi dengan pengawasan yang optimal. Salah satu strategi yang bisa dilakukan dengan cara membentuk tim pengawas khusus.

“Kami akan membentuk tim khusus yang nantinya akan melakukan monitoring setiap saat ke lapas dan rutan,” ujarnya.

Agung juga menyampaikan, atensi kepada pelayanan publik di lapas dan rutan dalam memberikan pelayanan remisi Natal dengan baik dan sesuai aturan yang ada.

“Kami pastikan seluruh proses pelayanan pemberian remisi Natal gratis dan tanpa diskriminasi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Agung juga menyoroti pelayanan wisatawan khususnya penjagaan pintu gerbang negara melalui perlintasan imigrasi.

“Kami akan memastikan pelayanan publik, khususnya pemeriksaan maupun penerbitan paspor untuk wisatawan domestik dan internasional berjalan baik,” katanya.

Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang terdapat bandara internasional dan destinasi wisata yang menjadi rujukan wisatawan mancanegara.

“Kami akan lihat sepekan ke depan, kalau memang dibutuhkan penambahan petugas Imigrasi di Bandara Juanda, maka bisa kami ‘back up’ dari Kantor Imigrasi lain atau kantor wilayah,” ujarnya.

Agung menjelaskan, fungsi kanwil sebagai konsultan yang memberikan solusi saat terjadi masalah di lapangan. Sedangkan, pelayanan teknis di lapangan akan menjadi tanggung jawab UPT.(ant/tik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs