Kamis, 28 Maret 2024

Kemenag: Sidang Isbat Awal Ramadhan Pada 1 April

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Sejumlah jemaah Masjid Al-Akbar Surabaya bersiap mengikuti salat tarawih pertama setelah melakukan salat Isya, sembari menunggu keputusan sidang isbat dari Kemenag RI, Minggu (5/6/2016). Foto: Redaksi Suara Surabaya

Kementerian Agama dijadwalkan akan menggelar Sidang Isbat penetapan awal Ramadhan 1443 Hijriah secara hybrid, pada Jumat, 1 April 2022 atau bertepatan dengan 29 Syaban 1443 Hijriah.

“Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara hybrid, dalam arti gabungan antara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan,” terang Kamaruddin Amin Dirjen Bimas Islam dalam keterangan tertulis, Senin (14/3/2022) dikutip Antara.

Kamaruddin menjelaskan sidang isbat akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jakarta. Jumlah peserta yang hadir akan dibatasi sesuai ketentuan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Adapun sebagian peserta lainnya, akan berpartisipasi melalui telekonferensi atau daring.

“Meski lebih longgar dari ketentuan tahun sebelumnya, kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan. ,” ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Adib Abdushomad Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag mengatakan, sidang isbat digelar sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah. Sidang isbat sendiri selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender hijriah.

Sidang isbat akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam. Sidang ini juga akan melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta undangan lainnya.

“Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang,” katanya.

Adib menjelaskan, sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1443 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Pemaparan dilakukan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag mulai pukul 17.00 WIB.

Kedua, pelaksanaan Sidang Isbat penetapan awal Ramadhan 1443 Hijriah yang digelar secara tertutup setelah Shalat Magrib. Selain data hisab (informasi), sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesia.

“Tahap ketiga, telekonferensi pers hasil sidang isbat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media sosial Kemenag,” jelas Adib. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs