Sabtu, 27 April 2024

Kemendikbudristek Beri Santunan kepada Keluarga Peserta Didik Korban Kecelakaan di Bekasi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Kemendikbudristek saat memberikan santunan kepada keluarga korban kecelakaan di SD Negeri Kota Baru II dan III Bekasi, Jumat (2/9/2022). Foto: Istimewa

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Sekolah Dasar (SD) memberikan santunan kepada keluarga peserta didik yang menjadi korban kecelakaan truk trailer di Jalan Sultan Agung Km 28,5 Kelurahan Kota Baru, Bekasi barat, Kota Bekasi. Santunan diberikan sebagai bentuk kepedulian Kemendikbudristek atas musibah tersebut.

“Santunan dari Kemendikbudristek ini sebagai wujud perhatian dan kepedulian pemerintah untuk para korban dan keluarga yang ditinggalkan. Semoga dapat bermanfaat,” ujar Muhammad Hasbi Direktur SD saat memberikan santunan kepada keluarga korban kecelakaan di SD Negeri Kota Baru II dan III Bekasi, Jumat (2/9/2022).

Mewakili Kemendikbudristek, Direktur SD menyampaikan belasungkawa dan rasa empati atas musibah kecelakaan truk trailer yang terjadi pada Rabu siang, 31 Agustus 2022. Dari musibah tersebut, sebanyak empat orang peserta didik meninggal dunia serta dua belas orang peserta didik menjalani perawatan di rumah sakit.

“Kami turut berbelasungkawa atas insiden yang menimpa anak-anak kita di SDN Kota baru II dan III Bekasi. Semoga anak-anak kita yang meninggal dalam musibah ini husnul khotimah, karena sejatinya mereka sedang menuntut ilmu, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan oleh Allah SWT serta korban luka-luka segera diberikan kesembuhan,” tutur Hasbi.

Lebih lanjut disampaikan Hasbi, Kemendikbudristek telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Bekasi agar peserta didik dapat belajar kembali dengan normal, dengan situasi batin/psikologis yang siap untuk belajar.

Hasbi mengimbau kepala sekolah, guru, dan semua pemangku kepentingan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi seluruh warga sekolah.

“Jika memang memungkinkan, sekolah dapat mengatur waktu dan tempat penjemputan orang tua, agar aman untuk semuannya. Misalnya dengan menyediakan tempat penjemputan di dalam pagar sekolah,” imbau Hasbi.

Selain itu, kata dia, evaluasi terhadap jajanan sehat di sekolah juga perlu dilakukan. Menurutnya, sekolah dapat bekerja sama dengan para pedagang yang biasa berjualan di sekitar sekolah dan melakukan pembinaan kantin serta jajanan sehat untuk mengontrol kandungan gizi seimbang yang dikonsumsi anak-anak.

“Jika para pedagang diberikan pembinaan dan diajak kerja sama, mereka dapat berjualan di dalam lingkungan sekolah, sehingga dari segi tempat juga aman bagi anak-anak kita karena tidak di pinggir jalan raya,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Inayatullah Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi, menjelaskan beberapa hal yang telah dilakukannya pasca kejadian.

“Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Kepolisian untuk melakukan evaluasi terkait lokasi sekolah di Bekasi yang berdekatan langsung dengan jalan. Selain itu, kami juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Bekasi untuk mendatangkan psikolog dan memberikan penyuluhan dalam menangani trauma,” ujar Inayatullah.

Dari hasil penyuluhan yang telah dilakukan sejak pasca kejadian, rekomendasi para psikolog adalah memperpanjang masa pemulihan selama dua hari dengan pembelajaran jarak jauh dari rumah, yaitu mulai tanggal 5-6 September 2022 dan pembelajaran secara luring aktif kembali mulai tanggal 7 September 2022.

Sebelumnya, Kepala Disdik Kota Bekasi menjelaskan bahwa pembelajaran di SDN Kota Baru II dan III Bekasi dilakukan secara daring dari rumah selama tiga hari (1-3 September 2022) pasca musibah.

“Langkah ini diambil sebagai upaya kami untuk menyembuhkan trauma bagi peserta didik, orang tua, dan guru yang secara langsung berada di lokasi kejadian. Dengan begitu, kami harap nantinya semua bisa kembali melakukan pembelajaran seperti semula dengan nyaman dan aman,” terang Inayatullah.

Yetti Haryati Kepala Sekolah SD Negeri Kota Baru III Bekasi mengapresiasi bentuk perhatian Kemendikbudristek bagi peserta didik dan keluarganya yang menjadi korban kecelakaan.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Kemendikbudristek atas perhatiannya. Saya tidak bisa berkata banyak karena selalu teringat anak-anak, khususnya yang menjadi korban dalam musibah ini. Kehadiran Kemendikbudristek di sini menguatkan kami untuk tetap sabar dan tabah,” ucap Yetti.

Usai memberikan santunan di SD Negeri II dan III Kota Baru Bekasi, rombongan Kemendikbudristek bersama Disdik Kota Bekasi dan pihak sekolah menjenguk korban luka-luka yang mendapat perawatan di RS Ananda.

Samidin, salah satu orang tua peserta didik korban kecelakaan menyampaikan rasa terima kasih atas respon dan perhatian Kemendikbudristek.

“Kami berterima kasih kepada Kemendikbudristek yang telah memberikan bantuan yang sangat bermanfaat bagi kami,” ucap Samidin.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs