Jumat, 26 April 2024

Kemenkes: Demam Tinggi dan Benjolan Lipatan Kulit Ciri Khas Monkeypox

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mohammad Syahril Juru Bicara Kemenkes memaparkan gejala penyakit cacar monyet dalam jumpa pers secara virtual, Rabu (27/7/2022). Foto: Tangkapan layar YouTube Kemenkes RI

Mohammad Syahril Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Jubir Kemenkes) RI menyebut jika demam tinggi diikuti dengan benjolan pada lipatan kulit di beberapa bagian tubuh, menjadi ciri khas gejala yang dialami pasien cacar monyet atau Monkeypox.

“Kalau ditanya gejala yang khas dari cacar monyet ini ada demam tinggi di atas 38 derajat celcius. Lalu merasakan sakit kepala yang berat, juga ada limfadenopati yaitu benjolan di leher, ketiak, ataupun di selangkangan,” kata Mohammad Syahril dalam jumpa pers secara virtual yang diikuti Antara dari YouTube Kemenkes RI, Rabu (27/7/2022).

Syahril yang juga menjabat Dirut RSPI Sulianti Saroso mengatakan masa inkubasi penyakit berlangsung lima sampai 13 hari, atau lima sampai 21 hari dengan dua periode.

Masa inkubasi awal memicu gejala demam tinggi diikuti dengan sefalgia berat atau nyeri kepala, limfadenopati, myalgia atau nyeri otot, dan astenia atau kekurangan energi.

Pada masa inkubasi periode dua atau erupsi, terjadi ruam pada kulit. Ruam 95 persen berada di wajah, telapak tangan, dan kaki 75 persen. Mukosa 20 persen, alat kelamin 30 persen, selaput lendir mata 20 persen.

Syahril menjelaskan, sebelumnya ada sembilan kasus dugaan Monkeypox yang kemudian dilakukan tes dan hasilnya negatif, sehingga jumlah kasus di Tanah Air masih nihil hingga sekarang.

“Situasi di Indonesia, dari pertama kali ada di Inggris sampai dengan hari ini, belum ada kasus-kasus. Cuma kemarin itu ada sembilan kasus yang suspek, tapi ternyata hasilnya negatif, tidak ditemukan,” ujarnya. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs