Kamis, 16 Mei 2024

Kementerian PUPR Hibahkan Aset Senilai Rp 222,58 Triliun

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ir. Mohammad Zainal Fatah Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR dalam siaran langsung Penyerahan BMN, Selasa (29/3/2022). Foto: Tangkapan Layar

Kementerian PUPR hibahkan aset senilai Rp 222,58 triliun dari APBN kepada berbagai kementerian, lembaga, pemerintah daerah, yayasan, dan perguruan tinggi.

“Barang Milik Negara (BMN) yang dihibahkan senilai Rp. 222,58 triliun. Terdiri dari BMN yang dihibahkan senilai 221,58 triliun dan aset yang akan dialih statuskan penggunaanya senilai 1 triliun,” kata Ir. Mohammad Zainal Fatah Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR dalam siaran langsung youtube Kementerian PUPR, Selasa (29/3/2022).

Zainal Fattah menjelaskan aset yang diserahkan merupakan BMN yang selesai dibangun oleh Ditjen Bina Marga, Ditjen Cipta karya dan Ditjen Perumahan yang akan dihibahkan ke 3 pemerintah provinsi 18 kabupaten, 3 kota, 3 yayasan dan 2 universitas yang tersebar di beberapa wilayah Tanah Air.

Seremoni penyerahan ini dilakukan sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat. Selain itu hal ini juga diharapkan mampu meningkatkan sentra-sentra ekonomi baru dan kesejaheraan masyarakat.

Pembangunan infrastruktur akan terus dilakukan Kementerian PUPR untuk membuka akses dan meningkatkan keterhubungan antar daerah juga meningkatkan efisinsi serta efektifitas untuk membuat Indonesia lebih maju.

Selain daripada itu, serah terima BMN kategori alih fungsi penggunaan, juga akan diberikan kepada 6 kementerian dan lembaga.

“BMN yang diserahkan oleh Bina Marga senilai 229,45 triliun atau setara 99,13 persen, lalu dari Ditjen Cipta Karya dengan 0,38 persen atau setara 0,85 triliun dan Ditjen Perumahan sebesar 1 triliun atau setara 0,49%,” paparnya.

Dalam kesempatan kali ini Bina Marga melakukan penyerahan beberapa jalan arteri nasional, tanah untuk jalan nasional dan jembatan gantung.

“Sementara Dinas Cipta Karya menyerahkan sistem penyediaan air minum atau spam regional, tempat pengelolaan air sampah, pengelolaan limbah, penanganan kawasan kumuh, pembangunan serta rehabilitasi prasarana dan sarana pendidikan, oleh raga dan pasar di berbagai wilayah,” jelas Zainal Fattah.

Sedangkan Dirjen Perumahan, menurut Zainal, akan menghibahkan Rusunawa Universitas Pekalongan, PC NU Bojonegoro, STIE Darma Iswara Kartoharjo Madiun, Rusun BPK RI, Rusun Kemenkumham, Rusun Kementerian Pertanian dan masih banyak lagi. (tha/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
27o
Kurs