Jumat, 29 Maret 2024

Kominfo Resmi Buka Blokir Paypal Dkk

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Logo PayPal. Foto: Reuters

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) secara resmi membuka akses dari Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat milik asing, yaitu Paypal, CS Go, DOTA, Steam, dan Yahoo.

“Paypal telah dibuka aksesnya sejak Minggu, 31 Juli 2022 pukul 08.00 WIB,” kata Semuel Abrijani Pangerapan Direktur Jendral Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo, seperti yang dikutip Antara, Selasa (2/8/2022).

Normalisasi akses itu dilakukan setelah Kementerian Kominfo berkomunikasi dengan Paypal untuk mengikuti pendaftaran PSE sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020. Paypal kemudian menunjukkan komitmen mereka untuk mendaftarkan layanannya guna mengikuti ketentuan dari Pemerintah Indonesia.

Dengan demikian pembukaan akses layanan Paypal, kini tidak lagi sementara namun sudah bisa diakses normal oleh masyarakat.

Selain Paypal, layanan lain yang telah dinormalisasi Kominfo adalah platform CS Go, DOTA, Steam, dan Yahoo pada hari ini mulai pukul 08.30 WIB.

“Yahoo telah dilakukan normalisasi hari ini, dari pukul 08.30 WIB, dan masyarakat sudah dapat mengakses ketiga grup PSE tersebut,” jelas Semuel.

Sebagai Informasi, Pendaftaran PSE mengikuti Permenkominfo 5/2022 merupakan salah satu cara Indonesia menjaga kedaulatan negara di ruang digital di tengah masifnya transformasi digital. Hingga Selasa (2/8/2022) pukul 12.30 WIB, tercatat di situs web pse.kominfo.go.id sudah ada sebanyak 292 PSE asing yang mendaftar dan 8.897 PSE domestik yang mendaftar.(ant/des/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs