Kamis, 25 April 2024

Komnas HAM Desak Polri Terapkan UU TPKS Jerat Pelaku Kejahatan Seksual

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Amirudin Al Rahab Wakil Ketua Komnas HAM. Foto: Antara

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI mendesak Kepolisian Republik Indonesia (Polri), segera menerapkan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual ( UU TPKS) untuk menjerat pelaku kejahatan seksual.

“Sudah seharusnya Polri menerapkan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual untuk menindak para terduga pelaku,” kata Amiruddin Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM melalui keterangan tertulis yang diterima Antara, Sabtu (9/7/2022).

Hal tersebut disampaikan menanggapi penangkapan tersangka pelaku kekerasan seksual oleh polisi di Jombang, Jawa Timur (Jatim) dan Depok, Jawa Barat (Jabar), selama Juli 2022. Komnas HAM menilai kejadian itu sebagai fenomena puncak gunung es.

Tidak hanya itu, beberapa waktu lalu masyarakat juga dihebohkan dengan pengakuan dua perempuan yang menjadi korban kekerasan seksual oleh seseorang yang diduga pengelola sebuah sekolah asrama.

“Peristiwa kekerasan seksual sungguh-sungguh terjadi dan marak di Indonesia serta jadi ancaman serius bagi anak-anak terutama anak perempuan,” katanya.

Komnas HAM, kata dia, juga mendorong jaksa maupun hakim untuk menggunakan UU TPKS secara maksimal dalam mengadili para tersangka kekerasan seksual.

Semua pihak, sambung dia, perlu menyadari bahwa penegakan hukum khususnya UU TPKS terhadap terduga pelaku kekerasan seksual adalah bentuk dari upaya melindungi harkat dan martabat serta HAM warga negara. Maka dari itu, jika ada pihak-pihak yang menghalang-halangi, Komnas HAM minta aparat penegak hukum tidak ragu untuk menindak.

Terakhir, Komnas HAM mendukung penuh langkah tegas Kapolda Jatim yang menangkap MSAT, tersangka pelaku kekerasan seksual di Jombang. Menurut Amirudin, langkah serupa juga perlu diambil oleh pimpinan polisi di daerah-daerah lainnya. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs