Rabu, 1 Februari 2023

Konsumen Setia Pakai Galon Guna Ulang, Berikut Dampak Positifnya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Dok. Di Hotel Millenium Al Aqeeq, Madinah, Arab Saudi air minum di restoran tempat makan jemaah umrah dan haji menyediakan air minum merek Al Manhal dalam kemasan galon polikarbonat. Foto: Istimewa

Bisuk Abraham Sisungkunon Peneliti Ekonomi Lingkungan dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi Masyarakat Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menyatakan, salah satu alasan konsumen memilih galon guna ulang adalah membantu meminimalisir dampak lingkungan.

“Riset menyatakan bahwa tanpa penggunaan galon guna ulang, 7 dari 10 konsumen akan beralih pada penggunaan kemasan sekali pakai,” ujarnya yang dikutip Antara, Senin (31/10/2022).

Bisuk menambahkan hal ini tentunya akan berpotensi meningkatkan timbulan sampah kemasan sekali pakai hingga 770.000 ton per tahun yang mengakibatkan emisi sampah akan bertambah hingga 1.655.500 ton per tahun.

Menurutnya, selain mengurangi dampak terhadap lingkungan, penggunaan galon guna ulang juga berkontribusi positif bagi perekonomian nasional melalui sumbangan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional hingga Rp460 miliar.

Selain itu, sektor industri itu dapat mendorong penciptaan lapangan kerja nasional sebesar 16.732 yang berasal dari 13.316 kesempatan kerja langsung sebagai agen pemasaran produk, pekerja depo, supir truk distribusi hingga potensi penambahan 3.416 lapangan kerja tidak langsung.

Di sisi yang bersamaan, Ahmad Zainal Abidin Ahli Kimia sekaligus Pakar Polimer Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan kandungan kimia yang digunakan dalam kemasan pangan merupakan zat prekursor yang tentunya sangat aman setelah melalui berbagai proses pengolahan.

Dia memastikan bahwa air mineral kemasan galon guna ulang selain mendukung ekonomi sirkular juga tentunya aman untuk digunakan sebagai kemasan pangan.

“Galon guna ulang terbuat dari polycarbonate (PC) yang memiliki performansi baik, dari sisi kekuatan, kimia, thermal serta mekaniknya. Untuk saat ini kemasan galon guna ulang merupakan pilihan yang terbaik dibanding jenis lainnya,” paparnya.

Menurut Ahmad, masyarakat harus memperhatikan kemasan plastik PC yang digunakan pada galon guna ulang harus melalui proses pengolahan yang memiliki standar food grade yang ketat dan lebih ramah lingkungan.(ant/rum/ipg)

Berita Terkait