Sabtu, 21 Mei 2022

Kronologi Meninggalnya Mahasiswa Surabaya di Gunung Penanggungan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Petugas setelah proses evakuasi jenazah Erfando Ilham Nainggolan (20), mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) di Puskesmas Trawas, Minggu (23/1/2022). Foto: Fuad Maja FM

Erfando Ilham Nainggolan (20), mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) yang meninggal dunia pada Minggu (23/1/2022), saat mendaki Gunung Penanggungan, berangkat dalam kondisi sehat dan sudah mendapat persetujuan dari orang tuanya.

“Yang bersangkutan (Erfando) berangkat dalam kondisi sehat, persetujuan dari orang tua juga sudah kami dapatkan,” kata Hayuning Purnama Humas Ubaya melalui siaran pers yang diterima Fuad, reporter Maja FM, di Mojokerto, Minggu.

Mewakili Ubaya, Hayuning menyampaikan duka cita kepada keluarga Erfando.

“Kami seluruh Civitas Akademika Universitas Surabaya menyakatakan duka sedalam dalamnya kepada keluarga atas berpulangnya Erfando Ilham Nainggolanke. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan serta kekuatan,” ujarnya.

Hayuning menjelaskan, mahasiswa Fakultas Psikologi tersebut mendaki Gunung Penanggungan untuk mengikuti kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapaus Adventure Training Vol XXXV di Kawasan Perhutani Trawas, Mojokerto sejak 19 hingga 23 Januari 2022.

Acara yang diikuti 12 mahasiswa itu dilakukan secara berkala. Mulai pemberkatan dari kampus II Ubaya tanggal 19 Januari 2022, kemudian berkemah di Kawasan Perhutani Trawas, Mojokerto hingga tanggal 20 Januari 2022. Hingga pada tanggal 21 Januari dilanjutkan pendakian ke Gunung Penanggungan, Trawas.

Namun, pada hari terakhir acara, saat mulai menuruni Gunung Penanggungan via jalur Tamiajeng, Erfando mengaku kelelahan.

“Korban sempat menyampaikan kelelahan kepada panitia dan kemudian panitia memanggil Ranger Gunung Penggungan untuk dievakuasi,” terangnya.

Namun, di tengah proses evakuasi, tepatnya di pos 1, Erfando Ilham Nainggolan sudah dinyatakan meninggal dunia oleh petugas kesehatan pada pukul 01.00 WIB. Jenazahnya langsung dievakuasi ke Puskesmas Trawas.(fad/iss)

Bagikan
Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 21 Mei 2022
29o
Kurs