Jumat, 29 Maret 2024

Kurang dari Satu Jam, Pendengar SS Kembali Gagalkan Dugaan Pencurian Mobil

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mobil Ertiga dengan nomor polisi W 1939 CR yang diduga dicuri, Kamis (9/6/2022). Foto: Ido Nugroho via WA SS

Sinergitas pendengar Radio Suara Surabaya (SS) kembali berperan aktif menggagalkan upaya dugaan pencurian mobil Ertiga putih dengan nomor polisi (nopol) W 1939 CR di kawasan Manyar, Gresik Jawa Timur, pada Kamis (9/6/2022) siang. Kurang dari satu jam mobil yang hilang diduga dicuri langsung ditemukan.

Kronologi awal dimulai dari Azhari pendengar SS yang melaporkan kasus dugaan pencurian tersebut pada Kamis (9/6/2022) pukul 10.05 WIB. Saat itu, Astuti adik dari Azhari sedang membersihkan halaman rumahnya di Desa Gedongkedoan, Kecamatan Dukun, Gresik. Tiba-tiba pada pukul 09.30 WIB, pelaku datang bersama rekannya dengan modus menanyakan kesediaan mobil untuk dipinjam.

“Saya sempat tanya, apakah kenal atau sudah izin dengan suami saya. Dijawab sudah. Kemudian saya tanpa sadar mengiyakan untuk meminjamkan mobil,” jelas Astuti.

Setelah mendapatkan kunci mobil, pelaku langsung memasuki mobil dan pergi meninggalkan lokasi. Beberapa saat kemudian, Astuti sadar jika menjadi korban penipuan dan meduga mobil miliknya telah dicuri.

Astuti pun membeberkan ciri-ciri mobil yang hilang tersebut serta pelaku kepada Radio Suara Surabaya. Tim Gate Keeper SS kemudian langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian Gresik, terkait dugaan pencurian mobil Astuti, dan terus menginformasikan secara berulang laporan tersebut dalam program Kelana Kota.

Selanjutnya pada pukul 10.46 WIB, Lukman pendengar SS melaporkan melihat mobil Ertiga dengan ciri-ciri dan nopol yang sama seperti yang dilaporkan sebelumnya di Kawasan Betoyo.

“Saya perjalanan arah Lamongan, posisi waktu masih di Betoyo. Sempat melihat dan berpas-pasan dengan mobil Ertiga putih W 1939 CR, melaju ke arah Gresik dengan kecepatan tinggi,” ucapnya.

Informasi tersebut, juga dibenarkan oleh Yana salah satu pendengar SS dua menit berselang. Yana mengaku melihat mobil tersebut di daerah Sembayat, Gresik.

“Pas saya dengerin SS 10 menit yang lalu, tiba-tiba kok saya berpapasan dengan mobil yang dilaporkan tadi. Posisi melaju ke arah Manyar, Gresik. Saya gasempat ikutin karena harus putar balik dulu,” terangnya.

Informasi dari dua pendengar tersebut, terus diudarakan oleh Radio Suara Surabaya kepada para pendengar, khususnya yang berada di kawasan kendaraan terakhir terlihat.

Kemudian pada pukul 10.52 WIB, Kurnia Arifin pendengar SS melaporkan melihat mobil Ertiga putih seperti yang dilaporkan diduga dicuri, tiba-tiba dihadang oleh mobil Gran Max yang dikendarai oleh Erik, di depan Polsek Manyar, Gresik.

Kemudian pada pukul 11.00 WIB, Iptu Joko Suprianto Kanit Reskrim Polsek Manyar mengkonfirmasi jika mobil Ertiga beserta dua pelaku yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, sudah diamankan.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama warga, Mas Erik, termasuk Suara Surabaya dan pendengarnya atas informasi yang terus disampaikan, kami konfirmasi kalau Mobil Ertiga dengan nopol W 1939 CR atas nama Muhammad Rokhman, sudah kami amankan di Mapolsek Manyar. Pelaku ada ,” ujar Joko.

Dari pemeriksaan awal yang dilakukan oleh pihak Polsek Manyar, pelaku laki-laki berinisial (m) mengaku meminjam mobil tersebut untuk menengok saudaranya yang sedang melahirkan.

Sementara Erik, pengemudi Gran Max mengaku lega bisa membantu menghentikan upaya pencurian mobil tersebut. Dia mengatakan, saat sedang mendengarkan Suara Surabaya tiba-tiba bertemu dengan mobil Ertiga dengan ciri-ciri yang sama persis.

“Keluar dari Tol Manyar arah Bungah Gresik posisi lalu lintas merambat, tiba-tiba ketemu mobil itu arahnya berlawanan dari saya. Karena yakin plat nomornya pas seperti yang dilaporkan, akhirnya saya beranikan diri untuk memotong laju kendaraan tersebut karena kebetulan juga posisi di depan Polsek Manyar. Waktu saya samperin yang di dalam mobil seperti pasrah. Alhamdulillah langsung di bantu Iptu Joko tadi,” ungkapnya.

Sementara itu, saat diinformasikan terkait mobilnya yang sudah diamankan, Rohman selaku suami dari Astuti dan pemilik mobil mengaku bahagia dan mengucapkan terima kasihnya atas bantuan seluruh pihak yang sudah terlibat. Saat ini, dia sudah berada di Polsek Manyar untuk tindak lanjut kasus dugaan pencurian mobil tersebut. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs