Jumat, 26 April 2024

LK2PK: Jadikan Kekebalan Tubuh Prioritas untuk Transisi ke Endemi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 pada seorang anak saat acara Wisata Vaksin Covid-19 untuk siswa TK dan SD di kawasan Sumber Wangi Kota Madiun, Jawa Timur, Rabu (6/4/2022). Foto: Antara

Ardiansyah Bahar Direktur Eksekutif Lembaga Kajian dan Konsultasi Pembangunan Kesehatan (LK2PK) mengemukakan kekebalan tubuh masyarakat perlu diprioritaskan sebagai strategi transisi dari pandemi ke endemi Covid-19.

“Bersiap untuk transisi dari pandemi ke endemi tentu boleh saja dilakukan, mengingat kondisi pandemi yang perlahan membaik meskipun belum selesai,” kata Ardiansyah Bahar di Jakarta seperti dikutip Antara, Rabu (28/12/2022).

Ardiansyah mengatakan program vaksinasi booster harus tetap berjalan meski pembatasan sosial dihapus secara perlahan oleh pemerintah.

Meski Pdemikian dia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap lonjakan kasus baru.

Ardiansyah mengatakan, masyarakat yang sakit dan kemungkinan menderita Covid-19 harus secara sadar untuk memeriksakan dirinya di fasilitas pelayanan kesehatan.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk mempersiapkan diri dalam proses transisi melalui edukasi terkait strategi yang dijalankan pemerintah untuk mengendalikan pandemi hingga kasus rendah.

“Masyarakat harus menjadi subjek dalam kebijakan transisi ini, bukan hanya sekedar objek,” katanya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah mengurangi operasional di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet. Hanya tersisa Tower 6 RSDC Wisma Atlet yang saat ini masih merawat pasien Covid-19.

Suharyanto Kepala BNPB sekaligus Ketua Satuan Gugus Tugas Covid-19 mengakui hal itu terkait proses transisi ke endemi Covid-19 di Indonesia.

“Itu juga sebagai salah satu antisipasi atau langkah yang kami lakukan apabila disampaikan transisi dilakukan dari pandemi menjadi endemi,” katanya.(ant/tik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs