Jumat, 26 April 2024

Mardani Maming Menyerahkan Diri ke KPK

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Mardani Maming tersangka dugaan korupsi di Kabupaten Tanah Bumbu yang menyerahkan diri ke KPK pada Kamis (28/7/2022). Foto: Antara

Mardani H. Maming mantan Bupati Tanah Bumbu tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, hari ini Kamis (28/7/2022) untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka.

Pantauan Antara di KPK, Mardani yang mengenakan polo shirt hijau dibalut dengan jaket biru tua tiba sekitar pukul 14.00 WIB bersama dengan kuasa hukumnya Denny Indrayana.

“Saya hadir di sini sesuai janji saya ke KPK tanggal 25 (Juli) bahwa saya akan hadir tanggal 28 (Juli) dan diterima KPK tanggal 25 suratnya tetapi kenapa hari Selasa (26 Juli) saya dinyatakan DPO (daftar pencarian orang),” kata Mardani di Gedung KPK.

Sebelumnya, KPK telah memasukkan Mardani dalam status daftar pencarian orang (DPO) sejak Selasa (26/7/2022) karena dua kali tidak menghadiri panggilan tim penyidik pada Kamis (14/7/2022) dan Kamis (21/7/2022) karena dinilai tidak kooperatif.

Tim kuasa hukum Mardani telah mengirimkan surat ke KPK untuk meminta penundaan pemeriksaan lantaran sidang praperadilan yang diajukan Mardani masih berproses.

“Padahal saya sudah mengirim surat dan koordinasi sama tim penyidik, saya akan hadir tanggal 28 (Juli),” tambah Mardani.

Sementara Ali Fikri Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK mengatakan, pihaknya memberi kesempatan kepada Mardini Maming untuk membela diri sesuai koridor hukum.

“Kami pastikan KPK beri kesempatan yang sama pada para tersangka untuk melakukan pembelaan diri baik pada proses penyidikan, penuntutan hingga persidangan sesuai mekanisme dan koridor hukum berlaku,” kata Ali Fikri.

Ia mengatakan KPK menjunjung tinggi hak asasi dan keadilan setiap penanganan kasus serta tetap memegang prinsip azas praduga tak bersalah.

Selain itu, kata dia, KPK menghargai kedatangan Mardani.

“Kami berharap para DPO KPK lainnya juga kooperatif menyerahkan diri ke KPK agar proses hukum cepat selesai dan memperoleh kepastian hukum,” ucap Ali.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs