Kamis, 8 Desember 2022

Masih Berduka, Jokowi Enggan Menanggapi Anies Baswedan sebagai Bakal Capres NasDem

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan keterangan di Grand Batang City, KIT Batang, Jawa Tengah, Senin (3/10/2022). Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo (Jokowi) Presiden tidak mau menanggapi keputusan Partai NasDem mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden untuk Pemilihan Presiden 2024.

Alasannya, sekarang masih suasana duka terkait insiden kericuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, yang mengakibatkan 125 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi pada Senin (3/10/2022) sore, usai melakukan peresmian Pabrik Pipa PT Wavin Manufacturing Indonesia, di Grand Batang City, Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah.

“Saya tidak mau berkomentar karena posisinya masih dalam suasana duka,” ucapnya.

Lebih lanjut, Presiden menegaskan sudah memerintahkan jajarannya untuk melakukan investigasi dan evaluasi pelaksanaan pertandingan sepak bola di Indonesia.

“Perintah saya sudah jelas kepada Kapolri, Menpora, dan Ketua PSSI,” imbuhnya.

Dia bilang, belum ada rencana mengunjungi korban kericuhan di dalam waktu dekat.

Seperti diketahui, tadi pagi Partai NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon Presiden, di NasDem Tower, Jakarta.

Sebelumnya, NasDem punya tiga kandidat yang potensial diusung sebagai capres periode 2024-2029, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa.

Supaya bisa mendaftarkan capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), NasDem perlu kerja sama dengan partai politik lain untuk memenuhi ambang batas atau presidential threshold.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Kamis, 8 Desember 2022
25o
Kurs