Selasa, 16 April 2024

Mendikbudristek Lepas Kapal Muhibah Budaya Jalur Rempah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) bersama Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) melepas Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci yang membawa para peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 di Surabaya, Rabu (1/6/2022). Foto: Humas Kemendikbudristek

Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) bersama Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) melepas Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci, yang membawa para peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 atau Laskar Rempah, menyusuri titik-titik Jalur Rempah Nusantara.

Pelepasan itu dilakukan di Dermaga Komando Armada (Koarmada) II, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (1/6/2022). KRI Dewaruci bersama Laskar Rempah berlayar menuju ke Makassar, dilanjutkan ke Baubau dan Buton, lalu ke Ternate dan Tidore, kemudian ke Banda Neira, selanjutnya ke Kupang, serta kembali ke Surabaya pada 2 Juli 2022 mendatang.

“Hari ini, Ibu dan Bapak, kita menorehkan momen bersejarah. Keberangkatan KRI Dewaruci yang membawa Muhibah Budaya Jalur Rempah pada hari ini bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Jalur Rempah dan Pancasila adalah tonggak penting dalam perjalanan sejarah bangsa kita,” kata Nadiem dalam keterangan tertulisnya dilansir Antara.

Jalur Rempah yang berpusat di Nusantara, lanjut Nadiem, berperan penting dalam mendorong kemajuan peradaban global.

“Selama lebih dari seribu tahun, jauh sebelum kedatangan Eropa, para pelaut, pedagang dan cendekia dari berbagai belahan dunia berinteraksi dan melahirkan keragaman budaya yang kemudian menjadi inti kekuatan bangsa kita,” kata dia.

Nadiem menambahkan, Pancasila lahir dari bumi dengan budaya yang beraneka ragam. Selain itu, Pancasila tidak diciptakan, melainkan digali dari bumi Indonesia.

“Pancasila menjadi falsafah bangsa yang mempersatukan kita dalam keragaman dengan semangat kebinekaan,” ujar dia.

Kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), pemerintah daerah, serta berbagai komunitas budaya. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya diplomasi budaya yang diharapkan dapat memperkuat posisi Indonesia sebagai poros maritim dunia, serta upaya untuk melibatkan generasi muda mengenal narasi sejarah peradaban rempah dari geladak kapal Indonesia sendiri.

Mendikbudristek mengatakan, Muhibah Budaya Jalur Rempah semakin mempertegas adidaya budaya Indonesia serta kedaulatan Indonesia yang terbangun oleh ragam budaya yang dipersatukan melalui kehangatan rempah-rempah.

“Perjalanan ini kami yakin akan memperkuat upaya pemajuan kebudayaan dan penguatan pendidikan karakter berbasis Pancasila yang saat ini sedang kita upayakan bersama. Bukan dengan ceramah dan pidato, tapi dengan aksi, mengarungi lautan seperti leluhur kita dulu, berjumpa dengan masyarakat yang beranekaragam dengan semangat persaudaraan dan gotong-royong,” ujarnya.

Sementara itu, Hilmar Farid Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbudristek mengungkapka,n bahwa pemerintah berupaya mengajukan Jalur Rempah sebagai Warisan Budaya Dunia yang diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) di Tahun 2024.

“Kami mengajak masyarakat untuk mendukung pengakuan Jalur Rempah sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO. Mari menggali kejayaan bahari Indonesia di setiap simpul Jalur Rempah untuk membangun masa depan Indonesia Merdeka Berbudaya,” jelasnya. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
33o
Kurs