Selasa, 27 September 2022

Menengok Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Kanada dan Jepang

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
KBRI Ottawa, Kanada. Foto: kemlu.go.id

Hari ini tepat 77 tahun sudah Indonesia meraih Kemerdekaan. Hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus selalu diisi dengan upacara bendera dan berbagai perlombaan yang meriah.

Jika di Indonesia hari kemerdekaan dirayakan dengan begitu semarak, bagaimana perayaan kemerdekaan Indonesia di negara lain?

Tidak sedikit warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri. Salah satunya Diah Ardani, warga Indonesia yang tinggal di Quebec, Kanada, yang mengatakan pada tanggal 17 Agustus akan diadakan upacara bendera di KBRI Ottawa. Setelah upacara selesai akan dilanjutkan dengan permainan anak-anak dan makan siang.

“Selama masa pandemi kan kita tidak bisa berkumpul, baru tahun ini juga KBRI memberikan undangan untuk mayarakat Indonesia di Ottawa, untuk menghadiri upacara sekaligus gathering, tahun kemarin tidak ada,” kata Diah saat dihubungi Suara Surabaya, Rabu (17/8/2022).

Meski masih dirayakan dalam suasana pandemi, ia berharap agar semua warga negara baik yang di Indonesia maupun luar negeri selalu dalam keadaan baik.

“Saya berharap semuanya bisa tetap sehat, pandemi bisa segera berlalu, semoga Indonesia bisa lebih baik, lebih stabil, dan orang Indonesia yang merantau di luar negri mereka bisa nudah berkumpul bersama keluarga di Indonesia,” kata Diah.

Upacara kemerdekaan yang digelar di Kanada ini berbeda dengan di Jepang. Dwi Retno Wahyuningtyas, warga Indonesia yang tinggal di Tokyo, Jepang menjelaskan, hari ini KBRI Tokyo menggelar upacara bendera secara virtual.

“Tadi saya ngecek sosial media KBRI termasuk YouTube-nya, mereka mengadakan semacam potong tumpeng dan yang hadir cuma beberapa undangan saja, mereka yang banyak terlibat di kegiatan KBRI,” ujar Dwi saat dihubungi Suara Surabaya, Rabu (17/8/2022).

Dwi mengatakan tidak ada perlombaan khusus kemerdekaan di Jepang. Hal itu membuat dirinya rindu dengan perlombaan khas kemerdekaan seperti lomba makan krupuk, balap karung dan hulahop.(gat/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Selasa, 27 September 2022
30o
Kurs