Jumat, 29 Maret 2024

Menhub Sebut Mekanisme Tarif Tol Gratis Akan Diatur Polri

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan RI, saat berkunjung ke Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Minggu (24/4/2022). Foto: Kemenhub

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) mengatakan, mekanisme rencana penerapan tarif tol gratis jika terjadi antrean kendaraan di gerbang tol saat mudik Lebaran 2022 akan diatur oleh Kakorlantas Polri.

“Terkait angkutan darat tadi ditanyakan berkaitan jika terjadi kemacetan satu kilometer akan digratiskan. Jadi itu juga ada prosedurnya, karena kewenangan sebagai ketua kelas itu ada di Kakorlantas Polisi yang menilai apakah itu layak dilakukan atau tidak,” kata Budi saat berkunjung ke Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Minggu (24/4/2022) dikutip Antara.

Ia mengatakan, pemberlakuan aturan tersebut merupakan salah satu cara untuk mendorong pengelola jalan tol memberikan layanan secara maksimal, selama masa arus mudik Lebaran.

“Ini dimaksud agar Jasa Marga atau pun semua operator tol itu care. Jangan sampe ada kemacetan, dengan menambah orang, by sistem, mengatur jalan dan sebagainya. Bahkan memberikan anjuran, menjual kartu-kartu tol untuk mengantisipasi kemacetan,” katanya.

Ia menyebutkan, pembebasan tarif tol itu merupakan salah satu opsi pemerintah dalam mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan saat masa mudik Lebaran. Namun, pihaknya tetap mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan, dengan memaksimalkan pelayanan.

“Jadi kalau itu menimbulkan suatu kemacetan yang panjang lebih dari satu kilometer, kita berikan wewenang pada polisi untuk memberikan diskresi untuk boleh dibebaskan tarif tol,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, saat ini sudah mulai ada peningkatan jumlah arus mudik, baik itu melalui moda transportasi udara maupun darat yang artinya masyarakat sudah mengikuti anjuran pemerintah untuk mudik Lebaran awal.

Seperti yang terpantau di Bandara Soekarno Hatta, jumlah pergerakan pesawat yang tadinya rata-rata 600 penerbangan dalam satu hari, setelah dua hari ini sudah menjadi 900 penerbangan.

Sementara itu, Novie Riyanto Direktur Jendral Perhubungan Udara menambahkan pergerakan penumpang pesawat kini terus mengalami peningkatan jelang lebaran.

“Pada tahun 2019 per harinya bisa sekitar 1.200 penumpang, sekarang sudah 900 penumpang. Diprediksi menjelang Lebaran, bisa mencapai 1.200 sampai 1.300 penumpang per hari,” ungkapnya.

Dengan meningkatnya jumlah penumpang, lanjutnya sejumlah maskapai sudah melakukan permintaan untuk mengadakan extra flight.

“Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, telah dilakukan optimalisasi operasional bandara dari sebelumnya 12 jam menjadi 18 sampai 24 jam,” tuturnya.

Pada mudik tahun ini, diprediksi sebanyak 8,9 juta orang akan mudik menggunakan pesawat atau sekitar 10 persen dari total pemudik yang diprediksi mencapai 85,5 juta orang. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs