Kamis, 28 Maret 2024

Menkes Sampaikan Minat Indonesia Ikut Uji Klinis Vaksin TB

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan RI (kanan) saat berdialog dengan Trevor Mundel President Global Health of BMGF di New York, Amerika Serikat. Foto: Kemenkes

Pemerintah Indonesia menyampaikan minat untuk ikut serta dalam uji klinis vaksin Tuberkulosis (TBC) kepada Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF) dan Welcome Trust.

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (Menkes) RI melalui keterangan tertulis yang diterima Antara, Sabtu (24/9/2022) mengatakan, bahwa upaya itu sejalan dengan transformasi layanan primer berbasis teknologi informasi dan teknologi kesehatan terkini.

“Berbagai agenda transformasi sistem kesehatan itu sedang dilakukan di Indonesia disertai target-target nyata yang telah dicanangkan,” katanya.

Budi mengatakan Yayasan filantropi Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF) dan Welcome Trust telah menerima surat pengajuan tersebut dan mendukung penanganan TB di Indonesia.

Minat Indonesia juga dibahas pada bilateral meeting Menkes RI, Selasa (20/9/2022), di sela-sela kunjungan kerja di New York, Amerika Serikat dalam rangkaian Global Fund Replenishment Conference.

Trevor Mundel President Global Health of BMGF, mendukung penanganan TB di Indonesia dan telah menerima surat dari pemerintah Indonesia terkait rencana Indonesia ikut uji klinis pengembangan vaksin TB.

Sebagai gambaran, BMGF melakukan uji klinis vaksin TB di Afrika dan minat partisipasi yang Indonesia tunjukkan akan menjadi pertimbangan sendiri untuk cakupannya. Uji klinis ini juga melibatkan European Medicine Agency (EMA) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Rencananya, vaksin TB akan diproduksi pada 2027.

“Apabila akan dilakukan di Indonesia butuh sejumlah 26.000 orang sampel. Nantinya memerlukan dukungan pemerintah Indonesia terutama koordinasi dengan BPOM,” ujarnya.

Kemenkes RI bersedia memfasilitasi kebutuhan itu melalui koordinasi dengan sejumlah pihak termasuk dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk pelaksanaan uji klinis di Indonesia.

Nantinya, rangkaian lanjutan dari permintaan itu akan didiskusi dengan Deputy Director for TB Delivery di BMGF, Dr. Daniel Chin. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs