Jumat, 19 April 2024

Menlu China dan Rusia Lakukan Pembicaraan via Telepon

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Xi Jinping Presiden China (kiri) berjabat tangan erat dengan Vladimir Putin Presiden Rusia (kanan) dalam sebuah pertemuan di Moskow. Foto: Xinhua

Wang Yi Menteri Luar Negeri (Menlu) China sekaligus Anggota Dewan Negara, melakukan pembicaraan via sambungan telepon dengan Sergei Lavrov Menlu Rusia, Kamis (27/10/2022) waktu setempat.

Vladimir Putin Presiden Rusia mengirim pesan ucapan selamat kepada Xi Jinping Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) tak lama setelah Kongres Nasional ke-20 partai tersebut.

Ucapan selamat dari Putin mencerminkan rasa saling percaya tingkat tinggi dan dukungan timbal-balik yang kuat antara China dan Rusia, kata Wang, yang juga anggota Biro Politik Komite Sentral CPC.

China menyatakan siap memperdalam pertukaran dengan Rusia di semua tingkatan serta mendorong hubungan dan kerja sama bilateral dalam berbagai bidang ke tingkat yang lebih tinggi, imbuh Wang.

Dalam pernyataan yang dikutip Antara dari Xinhua, Lavrov dengan hangat mengucapkan selamat atas keberhasilan Kongres Nasional ke-20 CPC. Lavrov juga memberikan ucapan selamat kepada Xi atas keterpilihannya kembali sebagai Sekjen CPC.

Menurut Lavrov, Kongres Nasional ke-20 CPC merupakan acara kelas dunia dan akan memandu China mencapai tujuan peremajaan nasional.

Rusia juga siap meningkatkan kontak di berbagai level dengan China, memperdalam kerja sama multilateral, dan bersama-sama melindungi perdamaian serta stabilitas kawasan Asia-Pasifik dan dunia, kata Lavrov.

Kedua pihak juga saling bertukar pandangan soal Ukraina serta isu-isu internasional dan kawasan lainnya untuk menjadi perhatian bersama.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs