Sabtu, 27 April 2024

Menparekraf Masih Mengkaji Boleh Tidaknya Wisatawan Naik ke Bangunan Candi Borobudur

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Taman Wisata Candi Borobudur Foto: PT TWC

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menyampaikan kepastian boleh tidaknya wisatawan naik ke bangunan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, masih terus dikaji.

“Sekarang masih dikaji karena kami tidak ingin aspek konservasi nanti terabaikan, sekarang sedang dipastikan,” ujarnya di Magelang, Sabtu (17/12/2022).

Oleh karena itu, lanjut Sandiaga, sampai sekarang Pemerintah belum bisa memberikan izin kepada pengunjung untuk naik ke struktur bangunan Candi Borobudur.

Menurut Sandi, nantinya akan ada pembatasan wisatawan yang naik ke Candi Borobudur, yaitu 1.200 orang per hari. Namun, hal tersebut masih dalam pembahasan antara pengelola dan pihak konservasi untuk selanjutnya bisa dijadikan keputusan lintas kementerian.

“Sekarang dari aspek konservasi ini lagi dihitung. Memang ada batas sekitar 1.200 orang per hari yang bisa naik ke candi. Hal itu masih harus dipastikan dan polanya seperti apa, kendalanya seperti apa,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Dia memperkirakan pengunjung bisa naik ke struktur bangunan Candi Borobudur pada kuartal kedua tahun 2023.

“Yang pasti, tidak ada tarif seperti yang diwacanakan sebelumnya,” pungkasnya.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs