Jumat, 29 Maret 2024

Pengelola Wisata Borobudur Tingkatkan Kewaspadaan Pascabom Bandung

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Seorang petugas Taman Wisata Candi Borobudur (kanan) memeriksa barang bawaan pengunjung sebelum memasuki zona dalam objek wisata tersebut. Foto: Antara

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) meningkatkan kewaspadaan kepada setiap orang yang memasuki kawasan objek wisata superprioritas tersebut, setelah terjadinya aksi bom bunuh diri di Markas Polsek Astanaanyar, Bandung, Rabu (7/12/2022) kemarin.

“Sebagai salah satu pengelola objek vital nasional Candi Borobudur, dengan kejadian kemarin di Bandung memacu kami untuk lebih meningkatkan kewaspadaan, termasuk juga dari SOP pengamanan kami,” kata Jamaludin Mawardi General Manager Borobudur di Magelang, Kamis (8/12/2022) dilansir Antara.

Ia menyampaikan akses-akses yang menjadi pintu utama masuk Candi Borobudur, baik itu pintu wisatawan maupun pintu kantor diperketat sesuai mekanisme untuk standar pengamanan kendaraan yang masuk.

“Oleh karena Borobudur menjadi objek vital nasional, tanggung jawab keamanannya tentu tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab PT TWC, tetapi juga dari TNI dan Polri. Jadi, kami multibagian untuk sama-sama menjaga keamanan objek vital nasional Borobudur,” katanya.

Menurut Jamaludin, dari sisi PT TWC masih menggunakan keamanan reguler, tetapi pihaknya lebih intensif untuk memperketat, kemudian standar operasional prosedur (SOP) pengamanan dijalankan sepenuhnya.

Ia menyampaikan pola pengamanan secara internal ada tiga kali bagian, untuk anggota keamanan yang beroperasi selama 24 jam dengan memantau seluruh kawasan. “Namun demikian, kami tetap di-back up dari unsur TNI dan Polri,” tambahnya.

Mengenai pemeriksaan tas atau barang bawaan pengunjung, Jamaludin menyampaikan sudah menjadi SOP yang harus dilakukan.

Sebelum memasuki kawasan zona, barang bawaan wisatawan akan diperiksa petugas dengan alat pendeteksi logam sampai melewati pintu metal detector. “Hal itu menjadi prosedur apakah itu kemarin ada kejadian atau tidak, prosedur itu yang kami jalankan,” tandasnya. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs