Kamis, 29 September 2022

MUI Jabar Ajak Masyarakat Salat Gaib untuk Eril Hari Ini

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Postingan Instagram Atalia Praratya Ridwan Kamil, istri Gubernur Jawa Barat. Foto: Instagram @ataliapr

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat mengajak masyarakat untuk melaksanakan salat gaib yang ditujukan untuk Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril putra sulung Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat hari ini, Jumat (3/6/2022).

Dalam seruan yang ditandatangani Rachmat Syafe’i Ketua Umum MUI Jabar dan Rafani Achyar Sekretaris Umum MUI Jabar tersebut mengimbau agar seluruh umat muslim melaksanakan salat gaib di setiap masjid atau musala, yang dilakukan sebelum atau ba’da salat Jumat.

Ini karena berdasarkan informasi dari pihak keluarga Ridwan Kamil pada Kamis (2/6/2022) malam, diperoleh penjelasan bahwa Ridwan Kamil beserta istri sudah mengikhlaskan sepenuhnya dan meyakini bahwa Eril sudah meninggal karena tenggelam.

Selain itu KBRI Swiss turut menyampaikan bahwa otoritas setempat sudah mengubah status pencarian Eril dari mencari orang yang hilang (missing person) menjadi mencari orang yang tenggelam (drowned person).

“Hal ini mengisyaratkan bahwa orang yang dicari kemungkinan sudah meninggal dunia,” mengutip seruan MUI Jabar tersebut.

Seruan MUI Jabar kepada umat muslim agar melaksanakan ibadah salat gaib yang ditujukan untuk Eril Ridwan Kamil hari Jumat (3/6/2022) sebelum atau ba’da salat Jumat. Foto: Istimewa

Sehingga berdasarkan ketentuan syara’, jenazah Eril harus segera disalatkan. Namun karena jenazah tidak atau belum ditemukan maka dilakukan dengan salat gaib.

Emmeril Khan Mumtadz diketahui hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss pada 26 Mei 2022. Sejak saat itu hingga sekarang, pihak keluarga dan otoritas setempat tidak berhenti mencari keberadaan Eril dengan segala cara.

Bahkan Alec Van Graffenried Wali Kota Bern turut memberi dukungan dengan menyampaikan rasa simpatinya secara langsung kepada Ridwan Kamil dan Atalia Praratya Ridwan Kamil pada Senin (30/5/2022).

Kamis malam, Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat mengunggah pesan di akun Instagramnya yang ditujukan untuk putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril.

Dalam postingan tersebut, Atalia berpamitan kepada Eril mengisyaratkan bahwa dirinya dan Ridwan Kamil beserta keluarga akan kembali ke Indonesia pasca menghilangnya Eril di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Atalia menulis pesan yang menyentuh hati diiringi gambar dirinya bersama Ridwan Kamil serta Camillia Laetitia Azzahra dari belakang dengan latar Sungai Aare.(dfn/ipg)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by atalia praratya (@ataliapr)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Kamis, 29 September 2022
31o
Kurs