Kamis, 28 Maret 2024

Ombudsman Jatim Apresiasi Layanan di Lapas Sidoarjo

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Agus Muttaqin Kepala Ombudsman Jatim saat melakukan supervisi di lapas Sidoarjo bersama Teguh Armuji Kalapas Sidoarjo, Kamis (1/9/2022). Foto: Humas Kemenkumham Jatim

Lapas Sidoarjo tengah berupaya merealisasikan budaya layanan prima dengan menggandeng Ombudsman RI perwakilan Jawa Timur. Untuk menindaklanjuti itu, Agus Muttaqin Kepala Ombudsman Jatim melakukan supervisi di lapas yang terletak di jantung Kota Delta itu, Kamis (1/9/2022) kemarin.

Kepala Ombudsman Jatim melakukan inspeksi ke beberapa bagian lapas. Dia memberikan atensi terhadap mekanisme pelayanan kunjungan dan penitipan barang yang ada. Menurutnya, inovasi pelayanan yang dibuat menjadi pembeda Lapas Sidoarjo dengan lapas lainnya.

“Secara alur sudah jelas, ada kepastian pelayanan lewat inovasi si CakMan (Aplikasi Lacak Pengiriman),” ujar Agus, Jumat (2/9/2022).

Selain itu, Agus juga memberikan atensi terhadap pemanfaatan media luar ruang. Menurutnya, pemanfaat media itu sudah cukup optimal sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat pengguna layanan.

Apalagi Lapas Sidoarjo selama ini giat melakukan sosialisasi ke desa atau kelurahan melalui inovasi siPemuda (Pemasyarakatan Masuk Desa).

“Di Lapas Sidoarjo sudah banyak inovasi yang jadi pembeda. Saya rasa inovasi ini menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Agus juga memberikan penguatan kepada jajaran Lapas Sidoarjo. Menurutnya, petugas lapas tidak boleh alergi dengan pengaduan dari masyarakat. Kata dia, pengaduan harus diartikan sebagai sarana komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat sehingga harus dikelola dengan baik.

Dia meminta korps baju biru laut itu untuk mengoptimalkan pengelolaan pengaduan. Jangan sampai aduan tidak dikelola dan akhirnya masuk ke Ombudsman.

“Kalau ada aduan yang masuk, jangan diartikan menjatuhkan atau mengganggu. Namun harus direspon dan ditindaklanjuti dengan perbaikan pelayanan,” harapnya.

Sementara itu, Teguh Armuji Kalapas Sidoarjo mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ombudsman Jatim. Menurutnya, ini menjadi wujud komitmen pihaknya yang selalu berupaya menciptakan perbaikan pelayanan.

“Kami harap, dengan supervisi dan penguatan dari Kepala Ombudsman Jatim, pelayanan di Lapas Sidoarjo semakin baik ke depannya,” terangnya.(wld/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs