Jumat, 26 April 2024

Pasmar 2 Gedangan Kerahkan Pasukan untuk Bantu Penanganan Puting Beliung di Sidoarjo

Laporan oleh Eddy Prastyo
Bagikan
Ratusan personel dari Pasmar 2 Gedangan dikerahkan untuk membantu penanganan dampak bencana angin puting beliung di Kabupaten Sidoarjo, Senin (24/10/2022). Foto: Eddy Prastyo suarasurabaya.net

Sebanyak dua kompi berisi kurang lebih 200 personel dari Pasmar 2 Gedangan, pada Senin (24/10/2022) hari ini, dikerahkan untuk membantu penanganan dampak bencana angin puting beliung yang terjadi di sekitaran kawasan kota Kabupaten Sidoarjo.

Sebelumnya, bencana yang terjadi pada Minggu (23/10/2022) siang kemarin sekitar pukul 14.00 WIB, dan mengakibatkan lebih 25o rumah warga mengalami kerusakan dan banyak pohon tumbang. Kawasan terdampak paling parah yakni di Desa Sidokepung dan Ental Sewu Kecamatan Buduran, serta di kawasan Perumahan Kahuripan Nirwana Kecamatan Sidoarjo Kota.

Mayor Heru selaku komandan lapangan dan penanggung jawab kompi pada suarasurabaya.net mengungkapkan, kurang lebih ada 200 pasukan yang dikerahkan. Jumlah tersebut merupakan setengah dari total kekuatan (personel) yang ada di Pasmar 2 Gedangan.

“Yang dikerahkan dari unsur reaksi cepat Pasmar 2 Gedangan. Pertama dikerahkan dulu di Kahuripan Nirwana untuk memotong banyak batang pohon besar yang tumbang dengan alat manual, lalu diangkut dengan empat truk besar yang tadi dipakai untuk mengantar kompi ke lapangan (lokasi bencana),” ujar Mayor Heru.

Untuk diketahui, ratusan pohon dengan diameter mulai dari 60 centimeter dilaporkan tumbang di Kahuripan Nirwana, Sidoarjo. Pohon-pohon yang di plot sebagai titik hutan kota tersebut bertumbangan hingga mengenai mobil, sampai dengan kafe yang ada disana.

Pohon yang tumbang, ada yang terangkat mulai dari akarnya hingga rubuh, serta patah di bagian batangnya saja. Lokasi dengan pohon tumbang terbanyak, ada di sekitaran Cluster Gardin Kahuripan Nirwana.

Para personel tersebut, kata Mayor Heru, juga dikerahkan ke titik-titik lain yang terdampak bencana. Salah satunya membantu penanganan di Dusun Mlaten, Desa Sidokepung yang menjadi lokasi ground zero (titik nol) bencana. (edy/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
27o
Kurs