Jumat, 19 April 2024

Puting Beliung Landa Sekitaran Sidoarjo Kota, Banyak Rumah Warga Dilaporkan Rusak

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Puluhan rumah warga tampak rusak terkena bencana angin puting beliung di kawasan Mlaten, Desa Ental Sewu, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, Minggu (23/10/2022) sore. Foto: Rosnaini via WA SS

Angin kencang dan puting beliung yang dilaporkan melanda beberapa wilayah di Kabupaten Sidoarjo, Minggu (23/10/2022) sore, mengakibatkan banyak pohon tumbang dan rumah warga rusak. Kawasan terparah terjadi di Kecamatan Buduran dan Sidoarjo.

Di Kecamatan Buduran, banyak atap rumah warga dilaporkan terlepas, roboh dan berterbangan terbawa angin, tepatnya yang berada di Perumahan Jade Vile, Perumahan Citra Garden, serta Jalan Mlaten Desa Sidokepung.

“Rumah saya di Kemlaten, RT 22-25. Listrik sampai mati, banyak rumah yang hancur sampai genteng-nya hilang dan banyak yang jadi puing-puing. Alhamdulillah tidak sampai ada korban jiwa,” ujar Rosnaini pada Radio Suara Surabaya, Minggu petang.

Salah satu rumah di Citra Garden, Sidoarjo, rubuh terkena bencana angin puting beliung dan menimpa salah satu mobil yang sedang terparkir dibawahnya, Minggu (23/10/2022). Foto: Arif via WA SS

Selanjutnya, di kawasan Kahuripan Nirwana, Kecamatan Sidoarjo Kota yang juga dekat dengan tiga kawasan terdampak angin puting beliung juga dikabarkan mengalami hal serupa.

Banyak pohon dilaporkan tumbang di kawasan pertokohan dan kafe, yang sampai menimpa beberapa mobil yang sedang diparkirkan disana. Bahkan salah satu pohon besar yang tumbang, sampai menutup salah satu ruas jalan di kawasan tersebut.

Banyak kendaraan yang terparkir di kawasan kafe Kahuripan Nirwana, tertimpa pohon yang tumbang karena angin puting beliung, Minggu (23/10/2022). Foto: Syam via WA SS

Sementara itu, di kawasan lain yakni di Jalan Raya Aloha, Gedangan, Sidoarjo, sempat ada pohon besar yang roboh terkena angin kencang, hingga menimpa salah satu pengendara motor sampai tidak sadarkan diri.

Pengendara motor tersebut telah dilarikan ke RS Delta Surya Sidoarjo untuk dilakukan penanganan karena mengalami luka di bagian kepala.

Arus lalu lintas yang mengarah ke Surabaya, sempat lumpuh dan mengalami kemacetan panjang hingga simpang empat Gedangan, karena pohon yang tumbang tepat di depan PT Maspion I tersebut menutup seluruh akses jalan.

Pohon besar yang tumbang menutup lajur Jalan Raya Aloha mengarah ke Surabaya, Minggu (23/10/2022). Foto: Ulfa Via WA SS

Masih belum diketahui, data pasti terkait jumlah rumah warga yang rusak dan pohon tumbang atas bencana tersebut.

Selain itu, Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo ditemani Dwijo Prawito Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo, pada Minggu petang, dikabarkan langsung melakukan peninjauan ke lokasi bencana tersebut. Tepatnya, di lokasi kawasan yang ada di Kecamatan Buduran. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs