Jumat, 29 Maret 2024

Pastikan Kemudahan Perizinan, Eri Cahyadi Sidak Mall Pelayanan Publik Siola

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Pastikan pelayanan kepada warga terlayani dengan baik, Eri Cahyadi datangi langsung Mall Pelayanan Publik Siola, Jumat (18/2/2022). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya inspeksi mendadak (sidak) ke Mall Pelayanan Publik Siola, Jumat (18/2/2022).

Dia berkeliling mengecek proses pelayanan publik, memastikan kemudahan bagi warga.

Mulai dari administrasi kependudukan (adminduk) hingga pelayanan pengurusan perizinan.

Kali pertama tiba, Eri langsung menuju ke lantai tiga Gedung Dispendukcapil Surabaya, lalu ke Gedung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP).

Selanjutnya dia menuju ke lantai dasar, melakukan sidak ke Mall Pelayanan Publik Siola.

“Kalau ada yang ingin jalan-jalan mengurus KTP ke Surabaya, bisa datang ke Siola. Saya minta sehari sudah harus jadi. Ini yang saya siapkan. Tempat pelayanan juga harus nyaman,” kata Eri.

Selanjutnya, terkait klinik investasi di Gedung DPM PTSP, Eri meminta setiap orang bisa tahu lokasi yang tepat untuk Central Business District (kawasan pusat bisnis), pengembangan perdagangan, juga lokasi industri strategis.

“Orang ke Surabaya itu harus tahu, maka harus ada petanya. Jadi saya minta ada informasi visual melalui video, agar orang yang datang itu sudah tidak perlu bertanya lagi dan yang menjelaskan adalah orang yang memang mengerti bagaimana mengembangkan Kota Surabaya,” katanya.

Eri juga ingin, warga Surabaya nantinya bisa menjadi bagian dari UMKM dengan membuat usahanya sendiri. Supaya APBD Kota Surabaya 2022 bisa fokus pada ekonomi kerakyatan.

“Saya ingin masyarakat itu bisa merasakan bahwa ekonomi kerakyatan yang ada di Surabaya ini berjalan. Termasuk menggerakkan UMKM itu pelayanannya seperti apa, contoh dengan melakukan pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha),” katanya.

Eri Cahyadi memastikan, pelayanan di Mall Pelayanan Publik Siola sangat cepat dan memudahkan warga mengurus adminduk maupun perizinan usaha.

“Alhamdulillah, dengan adanya perubahan pelayanan, tadi warga mengatakan, jauh lebih mudah dan jauh lebih cepat dari tahun kemarin. Mereka semua merasa nyaman dan merasa cepat mendapat pelayanan,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini jauh berbeda dengan tahun  sebelumnya. Dia berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Tapi memang saya punya prioritas, yakni perizinan dan adminduk terlebih dahulu. Saat ini sudah mulai berjalan semuanya,” katanya.

Dia berharap, dengan adanya pembenahan oleh Pemkot Surabaya, masyarakat bisa turut mendukung percepatan pelayanan.

“Saya juga akan melakukan pengecekan pada pelayanan kesehatan dengan mengunjungi puskesmas dan rumah sakit. Tetapi juga harus di imbangi koreksi dari warga, agar kami dapat melakukan evaluasi,” ungkap dia.

Liem Mei Nio Mudji Muliani warga Kecamatan Siwalankerto Kota Surabaya mengaku puas dengan pelayanan yang ada di Mall Pelayanan Publik Siola.

Menurutnya, surat perizinan usaha yang dia buat bisa langsung selesai tanpa harus menunggu lebih lama lagi.

“Saya mengurus perizinan membuat usaha dan ternyata sangat mudah sekali, sangat cepat. Jadi saya tidak menyangka kalau surat izin itu langsung jadi,” kata dia.

Ia menerangkan, bahwa para petugas sangat ramah dalam memberikan pelayanan. Ia juga berterima kasih kepada Wali Kota Eri Cahyadi yang telah mempermudah masyarakat dalam mengakses surat perizinan.

“Saya senang sekali dengan program beliau, terima kasih kepada Bapak Wali Kota untuk kemudahan yang diberikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa bekerja dengan mudah dan nyaman,” ujarnya. (man/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
28o
Kurs