Rabu, 8 Februari 2023

PDAM Surabaya Lakukan Peremajaan Pipa Seiring Penyesuaian Tarif

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Penambalan pipa diameter 600 mm di Jalan Ksatria, Karangpilang Surabaya. Foto: PDAM Surya Sembada

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya akan melakukan perbaikan atau peremajaan pipa, seiring dengan penyesuaian tarif yang secara resmi telah ditetapkan, per Kamis (25/11/2022) kemarin.

Arief Wisnu Direktur Utama (Dirut) PDAM Surya Sembada mengatakan, kenaikan tarif akan membantu perbaikan atau penggantian pipa sepanjang 2000 kilometer di Surabaya, yang setidaknya butuh biaya sebesar Rp2 triliun.

“Ini (kenaikan tarif) adalah sesuatu yang wajar dan harus dilakukan. Untuk pipa yang usianya diatas umur teknis 30 sampai 50 tahun, panjangnya 2.018 Kilometer. Kalau average (rata-rata) biaya itu kurang lebih Rp1 miliar per kilometer, berarti paling tidak kami membutuhkan Rp2 triliun,” terangnya pada Radio Suara Surabaya, Jumat (25/11/2022).

Menurutnya, air yang diproduksi di pengolahan selama ini melalui pipa tua yang menmang seharusnya diganti. Ada kemungkinan di bagian dalam pipa terdapat banyak kotoran, sehingga terdampak ke kualitas yang diterima pelanggan.

“Ini yang kami prioritaskan untuk diganti secara bertahap, makanya tahun ini kami sudah menetapkan 150 kilometer dan kami berusaha untuk konsisten 150 kilometer tiap tahun,” ungkap dia.

Arief menjelaskan, dengan kondisi keuangan atau tarif air bersih yang berlaku saat ini, PDAM Surya Sembada hanya mampu memperbaiki 2.000 kilometer panjang pipa dengan maksimal ketahanan tiga sampai empat tahun saja.

“Kalau dari dana sendiri kami harus membiayai penggantian 2.000 kilometer tadi hanya maksimal tiga sampai empat tahun saja, untuk pembiayaan dari pihak ketiga pun tidak cukup. (Dengan kenaikan tarif) tentu kami sudah punya perencanaan investasi, paling tidak sampai lima tahun kedepan untuk menyusun rencana bisnis dan perlu biaya yang tidak sedikit,” jelas dia. (bil/ipg)

Catatan:
Pernyataan Arief Wisnu Direktur Utama PDAM Surya Sembada terkait besaran tarif, selanjutnya dijelaskan Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya. Berikut tautannya:

Penyesuaian Tarif Baru PDAM Surabaya Masih Jauh dari Batas Atas yang Ditetapkan Pemprov Jatim

Prinsip Berkeadilan, Wali Kota Simulasikan Tarif PDAM Surabaya

Berita Terkait