Minggu, 4 Desember 2022

Dirut PDAM Sebut Kenaikan Tarif Akan Diumumkan Wali Kota Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
(Dari kiri ke kanan) Joni Hermana Guru Besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Arief Wisnu Dirut PDAM Surya Sembada saat berada di Fakultas Teknik Lingkungan ITS Surabaya, Selasa (22/11/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Arief Wisnu Direktur Utama PDAM Surya Sembada menyampaikan keputusan akhir dalam penyesuaian tarif air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) adalah sepenuhnya hak Wali Kota Surabaya.

“Kapan ditetapkan itu juga hak beliau, karena batas akhir penetapan adalah akhir bulan November 2022 ini,” kata Arief Wisnu saat berkonsultasi dengan Joni Hermana Guru Besar Bidang Sanitasi ITS di Fakultas Teknik Lingkungan ITS, Selasa (22/11/2022).

Sebelumnya Joni Hermana dalam kesempatan yang sama mengatakan, penyesuaian tarif ini diperkuat dalam Permendagri Nomor 21 Tahun 2020, yakni Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 71 Tahun 2016 Tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum. Serta, SK Gubernur Jatim Nomor 187 Tahun 2021. Dengan tenggat waktu pada akhir Bulan November 2022.

“Dan apa yang disampaikan hari ini bahwa di PDAM Surya Sembada memang harus menaikkan tarif itu sesuatu hal yang sudah selaras dengan apa yang digariskan oleh SK Gubernur,” ucapnya.

Joni Hermana juga menyebut tarif air bersih PDAM sudah waktunya naik, karena Surabaya menjadi kota yang tarif pelayanan air bersihnya masih rendah dibanding kota-kota lain di Jawa Timur, dan belum mengalami penyesuaian tarif sejak 17 tahun yang lalu.

Sedangkan, biaya pemeliharaan jaringan pipa dan instalasi untuk mengimplementasikan operasional pelayanan penyediaan air bagi seluruh warga di Surabaya, mencapai 6.200 km panjang pipa dengan jumlah pelanggan saat ini sebanyak 608.000.

“Kalau menurut saya itu sudah tidak wajar, kalaupun mereka sekarang itu mendapatkan keuntungan, itu sebenarnya keuntungan semu, karena tidak masuk akal dengan biaya yang sekarang,” ucapnya.(ris/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Minggu, 4 Desember 2022
25o
Kurs