Sabtu, 20 April 2024

Pelra Jawa Timur Menginisiasi Program Wisata Pulau Kecil dengan Kapal Pinisi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi kapal Pinisi. Foto: Istimewa

Asosiasi Pengusaha Pelayaran Rakyat (Pelra) DPD Jawa Timur dan Bali bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan PT Pelindo menelusuri objek wisata pulau-pulau kecil di Kabupaten Sumenep, Madura.

Selama tiga hari dari tanggal 1-4 Maret 2022, rombongan akan mengunjungi Pulau Gili Iyang, Gili Genting, dan Salarangan di Kepulauan Kangean, menggunakan Perahu Pinisi.

Salehwangen Hamsar Ketua Pelra Jawa Timur mengatakan, objek wisata di pulau-pulau kecil Kabupaten Sumenep tidak kalah eksotik dengan yang ada di Karimun Jawa, Jawa Tengah, Labuan Bajo dan daerah lainnya.

Pelra yang menaungi usaha kapal rakyat bercirikan Pinisi, baik kargo maupun kapal penumpang terpanggil untuk ikut andil memberikan kontribusi mempromosikan objek-objek wisata bahari Jawa Timur yang memiliki lebih dari 40 pulau pulau kecil, yang sebagian besar berada di Kabupaten Sumenep.

Menurut Salehwangen yang juga pengurus Kadin Jawa Timur bidang Usaha transportasi dan Pelayaran Rakyat, pihaknya siap mendatangkan kapal wisata pinisi untuk transportasi ke pulau-pulau kecil.

“Pelra mengapresiasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Pelindo atas upayanya membangkitkan wisata bahari di Jatim serta melestarikan budaya bahari,” ujarnya lewat keterangan tertulis yang diterima Suara Surabaya, Minggu (27/2/2022).

Kapal Pinisi yang sudah siap didatangkan, lanjut Saleh, ada beberapa ukuran dan tipe (cruise), dilengkapi layar sebagai penggerak utama kapal serta marine engine sebagai mesin bantu, dengan kapasitas penumpang 30, 50, dan 70 orang.

“Kami mengimplementasikan Peraturan Presiden 74 Tahun 2021 tentang  Pemberdayaan Angkutan Kapal Pelayaran Rakyat,” jelasnya.

Rencananya, KM Flores Utama Indah 56 GT berangkat dari Pelabuhan Gapura Surya, Tanjung Perak, Surabaya, dan akan menempuh perjalanan 225 mil laut.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur akan memandu perjalanan wisata bahari tersebut.(rid/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs