Jumat, 26 April 2024

Peluncuran KA Blambangan Ekspres Mendongkrak Pariwisata Banyuwangi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ipuk Fiestiandani Bupati Banyuwangi memberangkatkan KA Blambangan Ekspres secara perdana di Stasiun Ketapang, Banyuwangi, Jumat (2/12/2022) malam. Foto: Antara

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan peluncuran kereta api baru yakni KA Blambangan Ekspres rute Ketapang-Semarang Tawang dan diharapkan dapat mendongkrak sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Broer Rizal Vice President KAI Daerah Operasi 9 Jember dan Ipuk Fiestiandani Bupati Banyuwangi meresmiskan pemberangkatan perdana KA Blambangan Ekspres di Stasiun Ketapang, Banyuwangi, Jumat (2/12/2022) malam.

“KAI terus berinovasi dengan menghadirkan kereta api relasi baru untuk mempermudah konektivitas masyarakat dari arah Ketapang menuju Surabaya hingga Semarang dan sebaliknya,” kata Broer Rizal dalam siaran pers yang diterima Antara di Kabupaten Jember.

Dia mengatakan, penambahan KA Blambangan Ekspres sebagai upaya meningkatnya pelayanan kepada pelanggan  dengan semakin banyak rute yang dilayani kereta api. Mengingat, belum ada perjalanan kereta api yang menghubungkan Banyuwangi dengan Semarang.

“KA Blambangan Ekspres juga diharapkan dapat memberikan dampak positif di sektor pariwisata bagi Kabupaten Banyuwangi serta daerah-daerah lain yang dilalui,” ujarnya lagi.

Tidak hanya itu, kata dia, KA Blambangan Ekspres dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat ke destinasi wisata di Banyuwangi, seperti Kawah Ijen, Pantai Boom, Jawatan Benculuk, Alas Purwo, Taman Nasional Baluran, dan lain-lain.

KA Blambangan Ekspres diberangkatkan dari Stasiun Ketapang Banyuwangi pada pukul 19.30 WIB dan tiba di Stasiun Semarang Tawang pukul 05.44 WIB, sedangkan pemberangkatan dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 18.05 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 04.40 WIB.

Tiket KA Blambangan Ekspres dapat dibeli masyarakat dengan harga murah, sebab KAI memberikan diskon dengan kuota terbatas selama pemberangkatan 2-18 Desember 2022.

Tarif tiket promo untuk kelas eksekutif hanya Rp250.000 dan kelas ekonomi hanya Rp150.000. Pelanggan dapat membeli tiket melalui KAI Access, web kai.id, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Penamaan KA Blambangan Ekspres diambil dari nama salah satu kerajaan yang pernah berkuasa di ujung timur Pulau Jawa, yakni Kerajaan Blambangan, sehingga harapan kereta api ini akan besar dan berjaya seperti kerajaan tersebut.

“Dengan hadirnya KA Blambangan Ekspres itu diharapkan dapat memberikan layanan kereta api yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” ujarnya.(ant/tik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs